Jumat , | WIB

Selasa, 27 Desember 2016 - 09:40:15 WIB
PEDOMAN PERILAKU HAKIM
Kabar Redaksi - Dibaca: 529 kali


intelijenpost.com

Pimred Intelijenpost.com : Lahane Aziz

Bahwa keadilan merupakan kebutuhan pokok rohania setiap orang dan merupakan perekat hubungan sosial dalam bernegara. Pengadilan merupakan tiang utama dalam penegakan hukum dan keadilan serta dalam proses pembangunan peradaban bangsa. Tegaknya hukum dan keadilan serta penghormatan terhadap keluhuran nilai kemanusian menjadi prasyarat tegaknya martabat dan integritas negara.

Hakim sebagai figur sentral dalam proses peradilan senantiasa dituntut untuk mengasah kepekaan nurani, memelihara kecerdasan moral dan meningkat profesionalisme dalam menegakan hukum dan keadilan bagi masyarakat banyak. Putusan pengadilan yang adil menjadi puncak kearifan bagi penyelesaian permasalahan hukum yang terjadi dalam kehidupan bernegara. Putusan pengadilan yang diucapkan dengan irah – irah “ Demi keadilan berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa “ menunjukan kewajiban menegakan keadilan yang dipertanggung jawabkan secara hirizontal kepada sesama manusia dan vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sikap hakim yang dilambangkan dalam kartika, cakra, candra, sari dan tirta merupakan cerminan perilaku hakim yang harus senantiasa berlandaskan pada prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa, adil, bijaksana, berwibawa, berbudi luhur dan jujur. Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang melandasi prinsip – prinsip pedoman hakim dalam bertngkah laku, bermakna pengalaman tingka laku sesuai dengan agama dan kepercayaan masing – masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

Ketaqwaan tersebut akan mendorong hakim untuk berprilaku baik dan penuh tanggung jawab sesuai tuntutan agama masing – masing. Seiring dengan keluhuran tugas dan luasnya kewenangan dalam menegakan hukum dan keadilan, seiring muncul tantangan dan godaan bagi hakim. Untuk itu, Pedoman Prilaku Hakim merupakan konsekuensi dari kewenangan yang melekat pada jabatan sebagai Hakim yang berbeda dengan masyarakat biasa.   



Berita Lainnya