Selasa , | WIB

Jumat, 20 Januari 2017 - 21:34:28 WIB
PANTI SOSIAL BERPRESTASI AKAN DIUJI STANDAR KE PBB MENSOS SEBUT
Pendidikan & Kesehatan - Dibaca: 293 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost.com

Sesuai menurut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan panti yang sudah memiliki prestasi dalam pelayanan rehabilitasi sosial akan diajukan untuk diuji standarnya ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Menurut panti di Magelang pernah meraih penghargaan, sedangkan panti di Sragen mendapatkan penghargaan PBB untuk Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT)," ujar Khofifah di Jakarta, Jumat, 20 Januari 2017.

Dia ( Khofifah ) mengatakan, untuk mengikuti pengajuan ke PBB sebelumnya harus mengikuti proses seleksi di tingkat ASEAN lalu ke tingkat Asia. "Kita upayakan mendapat sertifikat ISO serta didaftarkan ke PBB sebagai bagian dari pelayanan sosial yang standarnya sudah diakui dan mengikuti standar internasional," katanya.

Lanjut Khofifah menjelaskan panti yang dinilai sudah memenuhi standar internasional dalam pelayanannya diajukan ke tingkat Asia pada Oktober lalu dan kemungkinan pada Mei mendatang atau pada Oktober-November 2017 selesai pengujiannya lalu bisa diteruskan ke PBB.

Lantas saat ini tiga panti Kementerian Sosial sudah meraih ISO 9001: 2015 Sistem Manajemen Mutu (SMM) dalam pelayanan publik. Sertifikat ISO 9001:2015 menjadikan bentuk layanan rehabilitasi terupdate di tiga panti rehabilitas sosial tersebut. Dampak positif setelah meraih ISO akan mempermudah kerja sama dengan berbagai lembaga lain.

Sementara menurut dia, kriteria yang dinilai mulai dari pelayanan dalam panti, lalu bagaimana rekrutmen Penerima Manfaat (PM), masuk asrama hingga proses rehabilitasi netra selesai. Itulah yang dinilai untuk mendapatkan sertifikat ISO. Proses sertifikat ISO memakan waktu sekitar lima bulan. Terdiri dari, satu bulan untuk proses audit dengan mengajukan langsung, kemudian diberi pelatihan selama kurang lebih empat bulan. ( IP – R. JONGKEN )

 



Berita Lainnya