Kamis , | WIB

Rabu, 29 Maret 2017 - 11:19:08 WIB
AKAN KELOLA LAHAN BEKAS TAMBANG SEMEN PADANG JANJI
Ekonomi Bisnis - Dibaca: 284 kali


Intelijenpost.com

Padang, Intelijenpost.com

Sesuai mengenai janji adalah utang menyangkut PT Semen Padang menyatakan, komitmen menjaga lingkungan dengan mengelola bekas tambang untuk mengembalikan fungsi lahan. Direktur Utama Semen Padang Benny Wendry menyebutkan perseroan memperhatikan pengelolaan lingkungan dalam setiap operasionalnya, sehingga menghasilkan produksi tambang yang ramah lingkungan.

“Menurutnya, sesuai visi perusahaan kami komit menjadi perusahaan semen yang andal, unggul dan berwawasan lingkungan. Termasuk soal pengelolaan lahan bekas tambang,” katanya, Selasa, 28 Maret 2017.

Lantas dia mencontohkan lahan tambang tanah liat atau clay sekitar 90 hektare, yang dikerjakan perseroan di kawasan Indarung Kota Padang direklamasi sejak tahun 1993 dan dijadikan sarana olahraga dan konvervasi. Benny mengungkapkan area bekas tambang clay yang dinamai Taman Reklamasi Indarung itu tumbuh 293 jenis tumbuhan, dengan enam jenis tanaman tergolong dilindungi undang-undang.

Sementara tumbuhan itu sebagian besar ditanami, namun ada juga yang tumbuh secara alami. Selain itu juga terdapat 47 jenis hewan yang mendiami kawasan bekas tambang tersebut. Untuk lahan yang dikerjakan saat ini, anak usaha PT Semen Indonesia (persero) Tbk itu sudah menyiapkan perencanaan pasca tambang seluas 242 hektare agar kelestarian lingkungan sekitarnya tetap terjaga.

Lanjut menurutnya, proses reklamasi untuk tambang batu kapur baru bisa dilakukan saat ketinggian bukit kapur sudah mencapai level yang tidak bisa ditambang lagi atau sekitar 200 meter dari permukaan laut. Adapun, tahapan pemulihan area bekas tambang yaitu reklamasi lahan yang tidak digunakan dan penutupan tambang. Untuk penutupan tambang direncanakan pengembalian kawasan menjadi hijau kembali, dengan dilengkapi sarana pendukung seperti waduk dan tata ruang untuk menjadi agar tidak terjadi erosi.

Dia ( Benny ) memperkirakan untuk pemulihan lahan tambang saat ini, akan ditanami minimal 1.305 batang pohon. Kemudian, dijadikan kolam air dan padang pengembalaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, dan sisanya dikembalikan menjadi hutan produksi.

Lalu sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar Asrizal Asnan menyebutkan Semen Padang patut dicontoh. Dia menilai perusahaan semen tertua di Asia Tenggara itu sudah memanfaatkan panas terbuang menjadi energi melalui teknologi Waste Heat Recovery Power Generation. ( IP - *** )

 



Berita Lainnya