Kamis , | WIB

Jumat, 31 Maret 2017 - 19:54:14 WIB
BPN DI PULAU BANGKA TELUSURI INFORMASI LAHAN MILIK WARGA INGGRIS
Ekonomi Bisnis - Dibaca: 128 kali


Intelijenpost.com

PANGKAL PINANG, INTELIJENPOST.COM 

Sesuai menyangkut Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kepulauan Bangka Belitung menelusuri informasi kepemilikan lahan pantai di Pulau Bangka oleh warga negara asing (WNA). Informasi tersebut mencuat seusai penayangan BBC Earth mengenai profil keluarga Simon dan Sophia. 

Mengenai dalam tayangan tersebut, Simon dan Sophia yang berasal dari Devon, Inggris, mengaku membeli 4,4 hektar lahan pantai di Pulau Bangka. Simon membelinya lewat website penjualan di Inggris 2004 lalu atau sebelum tsunami Aceh. 

Menurut Kepala Bidang Hubungan Hukum Pertanahan BPN Kepulauan Bangka Belitung Zulkifli menyatakan akan segera berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk menelusuri informasi tersebut. Ia menegaskan bahwa hingga kini belum ada payung hukum terkait kepemilikan tanah bagi WNA. "Kalau pengelolaan memang ada. Mereka berinvestasi. Tapi sebatas hak guna bangunan atau hak pakai lahan," ujar Zulkifli kepada awak media, Jumat (31/3/2017). 

Lantas Zulkifli merujuk pada Pasal 20 UU Nomor 5/1960 tentang Pokok Agraria dan PP Nomor 40/1996 tentang Hak Guna dan Hak Pakai. Berdasar aturan hukum, penguasaan lahan bagi WNA harus mempertimbangkan unsur subjektif yang harus diverifikasi kebenarannya.

"Sementara WNA yang menggunakan paspor wisata tentu tidak boleh. Tapi yang tujuannya untuk membuka usaha bisa saja, menggunakan badan hukum dan tunduk pada aturan di Indonesia," paparnya.

Kemudian terkait kabar kepemilikan lahan oleh WNA, Zulkifli mengatakan, isu itu sering muncul ke publik. Ia pun tak menampik adanya modus WNA yang menikah dengan warga negara Indonesia agar bisa memiliki lahan. "Jika mereka menikah, dan yang mengajukan dari pihak warga Indonesia, berhak dapat tanah," ucapnya. ( IP – HM )

 



Berita Lainnya