Rabu , | WIB

Minggu, 20 Agustus 2017 - 13:55:03 WIB
KAPOLRI SEBUT SEGERA LANTIK KAPOLDA DARI POLWAN
Halo Polisi - Dibaca: 232 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost.com

Sesuai menyangkut Kapolri Jenderal Tito Karnavian berharap gerakan emansipasi di tubuh Polri bisa semakin nyata. Dia berharap bisa segera menunjuk polwan untuk menempati posisi sebagai kapolda.  

"Menurutnya, nanti kami akan mencari Polwan yang bagus yang tepat untuk menjadi Kapolda. Bukan hanya Kapolda Tipe B. Jadikan Kapolda (dari polwan) bintang dua. Tipe B sudah pernah. Di Banten pernah. Yang ditempatkan di daerah agak keras dikit gitu," kata Tito saat menghadiri acara jalan sehat dalam rangka menyambut hari ulang tahun Polwan ke 69 dan Bhayangkari ke 65, di Lapangan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ahad, 20 Agustus 2017.

Selanjutnya saat ini, ia mengatakan ada empat orang polwan yang sudah berpangkat Brigadir Jenderal. Tito berharap di masa jabatannya, akan ada polwan yang bisa menjadi Kapolda. Tito menilai perempuan memiliki sifat yang cenderung lebih kebal terhadap praktek korupsi. Karena itu, mereka juga sangat cocok jika ditempatkan di jabatan-jabatan strategis. Tito mengatakan Wakil Ketua Komisioner Kepolisian Australia (AFP) juga Ketua Satuan Anti Teror Inggris adalah seorang wanita. 

Lantas hal ini, kata dia, juga sudah terbukti dalam studi yang dilakukan ke Georgia dan Hong Kong. Polisi di kedua negara itu mampu mereformasi sistem kepolisiannya dan kembali mendapatkan simpati publik yang sempat jatuh.  "Nah salah satu resepnya ternayata adalah dengan menaruh polisi-polisi wanita di jabatan-jabatan penting. Karena relatif polisi wanita kuat terhadap godaan korupsi," kata Tito.

Kemudian saat ini jumlah polwan hanya 20 persen dibanding polki (polisi laki-laki). Hal ini ditambah dengan masih belum setaranya perlakuan terhadap polwan di beberapa daerah. "Banyak Polwan yang ngurusin makanan dan ngantar minunan saja. Padahal mereka dididik untuk tadi, nangkap maling. Di jabatan-jabatan operasional, dilatih didik apalagi di Akpol," kata Kapolri Tito. ( IP - *** )



 



Berita Lainnya