Selasa , | WIB

Kamis, 16 November 2017 - 08:28:21 WIB
WAKIL JAKSA AGUNG BARU AKHIRNYA DIPILIH SELAMA SATU TAHUN KOSONG
Nusantara - Dibaca: 149 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost.com

Sesuai mengenai Jaksa Agung Muhammad Prasetyo menunjuk Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah untuk menduduki jabatan baru sebagai Wakil Jaksa Agung.

Jabatan Wakil Jaksa Agung telah kosong hampir setahun setelah ditinggalkan oleh pejabat sebelumnya, Andhi D Nirwanto, yang mengajukan pensiun dini. Prasetyo pun melantik Arminsyah berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 122/TPA/2017 tertanggal 31 Oktober 2017 di Kejaksaan Agung pada Rabu (15/11).

Bahkan selain melantik Arminsyah, Prasetyo juga melantik Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Adi Toegarisman untuk menduduki jabatan Jampidsus yang ditinggalkan Arminsyah. Sedangkan posisi Jamintel diisi oleh Jan Samuel Maringka yang sebelumnya mejabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan.

Lantas Kemudian, Prasetyo melantik Yusni sebagai Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) serta Loeke Larasati Agoestina sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun). Sementara itu, Setia Untung Arimuladi dilantik sebagai Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI. Lalu, Prasetyo juga melantik tiga Staf Ahli Jaksa Agung yakni Agus Riswanto untuk bidang intelijen, Sudung Situmorang untuk bidang pidana khusus, serta Feri Wibisono untuk bidang pembinaan.

Selanjutnya seluruh pejabat yang dilantik diambil sumpahnya untuk menyanggupi tidak memberi sesuatu kepada siapapun juga, baik langsung maupun tidak langsung. Mereka juga diambil sumpahnya untuk setia dan taat kepada negara, serta memegang rahasia sesuatu yang menurut sifatnya atau menurut perintah harus dirahasiakan.

"Sumpahnya, bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian apapun, dari siapapun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin berbenturan dengan jabatan atau pekerjaan saya," kata Prasetyo diikuti seluruh pejabat yang dilantik.

Kemudian Prasetyo mengatakan, pelantikan dan pengisian sejumlah jabatan ini dilakukan dalam menghadapi tantangan Kejaksaan Agung yang semakin berat dan beragam pada hari mendatang. “Pengisian jabatan ini semata-mata untuk menjaga eksistensi dan keberlangsungan organisasi kejaksaan yang tugas ke depannya tidak semakin ringan melainkan semakin berat dan beragam,” kata Prasetyo usai pelantikan. ( IP – DW )

 



Berita Lainnya