Selasa , | WIB

Rabu, 29 November 2017 - 20:33:17 WIB
SOAL NIAT IKUT PILKADA MALUKU KOMANDAN BRIMOB SUDAH LAPOR KAPOLRI
Halo Polisi - Dibaca: 72 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost.com

Sesuai mengenai sejumlah perwira Polri dikabarkan akan meramaikan bursa calon kepala daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018.

Sementara namun, hingga saat ini baru Komandan Korps Brimob Polri Irjen Murad Ismail yang melaporkan niatnya mencalonkan diri pada pilkada, ke Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. "Yang baru melapor baru Pak Murad, yang lain belum," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Menurut Murad sudah mantap maju dalam Pilkada Maluku setelah diusung Partai Nasdem. Kapolri sebelumnya menegaskan bahwa anggota Polri yang sudah mendaftarakan diri dan ditetapkan sebagai bakal calon kepala daerah, maka harus mundur dari institusi. "Kalau sudah daftarkan dan sudah ditetapkan sebagai bakal calon sudah langsung mengundurkan diri," kata Setyo.

Lantas sesuai prosedur yang berlaku di internal Polri, maka anggota tersebut harus melepas atributnya sebagai polisi. Dengan demikian, anggota tersebut bisa fokus dengan pencalonan dan terlepas dari intitusi Polri yang netral. "Saya berharap kepada teman-teman yang mendaftar sebaiknya kalau sudah firm mau mendaftar, secepat mungkin mengundurkan diri supaya tidak terjadi conflict of interest," ujar Tito.

Kemudian Tito khawatir jabatan sebagai anggota Polri akan dimanfaatkan calon tersebut untuk memikat publik. Padahal, polisi kedudukannya netral dalam berpolitik. "Tapi aturan itu (segera mundur) belum ada. Sekali lagi, ini imbauan saya," kata Tito. ( IP – DW )

 



Berita Lainnya