Selasa , | WIB

Selasa, 05 Desember 2017 - 12:01:39 WIB
KAPOLRI AJAK KAWAL PILKADA 2018 SATUAN POLISI AIR DAN UDARA
Halo Polisi - Dibaca: 45 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost.com

Sesuai menurut Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian meminta Korps Kepolisian Air dan Udara (Korpolairud) mengamankan agenda nasional di 2018, yakni Pilkada serentak, Asian Games, dan IMF-World Bank Annual Meeting di Bali.

“Menurutnya, saya harap Korpolairud dapat berperan aktif dalam mendukung keamanan berbagai agenda nasional. Optimalkan segala kekuatan untuk mendukung keamanan ketertiban masyarakat yang menjadi tugas pokok Polri," kata Tito, saat memberikan sambutan dalam upacara ulang tahun ke-67 Korpolairud, di pangkalan udara Pondok Cabe, Tangerang, Selasa, (5/12).

Selanjutnya diketahui, Pilkada serentak digelar di 171 wilayah pada Juni 2018, Asian Games di Jakarta dan Pelembang pada Agustus 2018, dan IMF-World Bank Annual Meeting di Bali pada bulan Oktober yang akan diikuti ratusan kepala negara. Tito tidak hanya ingin sekadar melakukan penguatan struktur Korpolairud. Menurutnya, satuan ini juga mesti bisa memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat. “Polri juga melakukan penguatan bagi kepentingan operasi udara dan perairan," imbuhnya.

Lantas saat ini, lanjut dia, kekuatan armada Polair berjumlah 1.016 unit. Sementara, kekuatan Polud berjumlah 58 unit yang terdiri dari 10 pesawat terbang 48 helikopter. Kekuatan itu, kata Tito, sudah melampaui kekuatan ketika belum disatukan dalam korps. Ia berharap Polri bisa mandiri lewat kekuatan tersebut yang dianggap sebagai aset utama bangsa Indonesia.

Kemudian saat ini, Korpolairud yang dipimpin perwira berpangkat Inspektur Jenderal berada dibawah Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Baharkam) Polri. Sementara, Direktur Polisi Air dan Direktur Polisi Udara masing-masing dipimpin perwira tinggi berpangkat Brigadir Jenderal. ( IP – BOY )



Berita Lainnya