Selasa , | WIB

Minggu, 24 Desember 2017 - 21:10:15 WIB
MENJELANG NATAL DI KOTA ENDE INI KASUS KRIMINAL YANG MENONJOL
Halo Polisi - Dibaca: 255 kali


Intelijenpost.com

Ende, Intelijenpost.com

Sesuai menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 aksi kriminal di Kabupaten Ende. Aksi tersebut meliputi pencurian dan tindakan kekerasan serta berbagai tindakan kriminal lainnya. Menyikapi hal itu masyarakat diminta waspada agar tidak menjadi korban tindakan kriminal. Kapolres Ende, AKBP Ardiyan Mustaqim mengatakan hal itu, belum lama ini di Ende.

Menurut Kapolres Ardiyan mengatakan,  tindakan kriminal yang cukup menonjol menjelang Natal dan Tahun Baru adalah tindakan pencurian yang dilakukan oleh oknum warga yang mengharapkan keuntungan tanpa mau bekerja keras. Pihaknya tidak tahu apa yang menyebabkan aksi kriminal berupa pencurian mengalami peningkatan menjelang Natal dan Tahun Baru. "Mungkin buat modal menjelang Tahun Baru,"kata Kapolres Ardiyan.

Kemudian Kapolres Ardiyan menghimbau kapada warga agar senantiasa waspada agar tidak menjadi korban tindak kriminal seperti pencurian. Aksi pencurian dilakukan oleh oknum warga sesuai dengan pemetaan oleh polisi pada umumnya dilakukan pada malam hari juga menyasar rumah-rumah kosong yang ditinggal penghuni pada saat bekerja.

Mengenai hal ini,  Kapolres Ardiyan meminta kepada warga agar ketika hendak meninggalkan rumah hendaknya memastikan rumah dalam kondisi aman seperti telah terkunci dengan baik juga pintu dan jendelanya tidak dalam kondisi terbuka karena apabila lengah tentu akan menjadi korban pencurian. Kapolres Ardiyan mengatakan tindakan kriminal lainnya yang juga mendapatkan perhatian polisi serta mengalami peningkatan yakni tindak kekerasan seperti pemukulan ataupun perkelahian baik dalam rumah tangga atau dengan sesama warga.

Sementara dari hasil analisa kepolisian ditemukan bahwa kasus kekerasan pada umumnya dipicu oleh perilaku meminum minuman keras (miras) tradisional maupun pabrikan. Oleh karena itu pihaknya meminta kepada warga agar membatasi peredaran miras karena miras menjadi salah satu penyebab tindakan kriminal. "Akibat miras orang yang sebelumnnya berkawan tiba-tiba berkelahi juga ada aksi kriminal lainnya,"kata Kapolres Ardiyan.

Lantas menurut Kapolres Ardiyan praktis hampir 90 persen tindakan kriminal yang ditangani oleh Polres Ende pada umumnya disebabkan oleh miras. ( IP – LA – MAM )

 



Berita Lainnya