Rabu , | WIB

Senin, 15 Januari 2018 - 11:48:31 WIB
RESMI DILANTIK PANGKOSTRAD PENGGANTI EDY RAHMAYADI
Nusantara - Dibaca: 136 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost.com

Sesuai menurut Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono resmi melantik Letjen TNI Agus Kriswanto sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) menggantikan Letjen Edy Rahmayadi yang mengajukan pensiun dini untuk mengikuti pemilihan gubernur Sumatera Utara.

Kemudian Edy Rahmayadi juga telah melakukan serah terima jabatan (sertijab) Pangkostrad kepada Agus di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Senin (15/1). Dalam serah terima jabatan itu, Edy melaporkan ke KSAD tentang penyerahan kewenangan sebagai Pangkostrad. "Berdasarkan surat perintah KSAD 24/I/2018 tanggal 4 Januari 2018 telah menyerahkan tugas, wewenang, dan tanggung jawab jabatan Pangkostrad,” ucap Edy.

Sementara dalam amanatnya, Mulyono menyampaikan ucapan terima kasih pada Edy yang mengakhiri masa kedinasan di militer. "Saya ucapkan terima kasih atas pengabdian dan dedikasinya yang telah dicurahkan dalam membangun TNI AD," kata Mulyono

Lantas ia berharap dedikasi yang selama ini telah diberikan jenderal itu kepada TNI AD dapat menjadi bekal dalam pengabdian selanjutnya. Mulyono juga mengingatkan bahwa pergantian jabatan ini adalah proses yang wajar dan alamiah. "Saya minta keluarga prajurit tidak terpengaruh isu yang berkembang di media. Kita berpegang pada komitmen prajurit yang profesional," tuturnya.

Selanjutnya Edy sebelumnya resmi mundur dari TNI lantaran akan mengikuti pemilihan gubernur Sumatera Utara. Ia telah menyerahkan surat pemberhentian TNI ke KPU Sumut pada 8 Januari lalu. Dalam karier militernya, Edy pernah menjabat sebagai Pangdam I Bukit Barisan yang komandonya meliputi wilayah pertahanan provinsi Sumut, Sumbar, Riau, dan Kepulauan Riau. Sementara di luar kedinasan militer, Edy saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum PSSI.

Bahkan selain melantik Pangkostrad, KSAD juga menyaksikan serah terima jabatan lain, diantaranya Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI AD yang beralih dari Letjen Agus Kriswanto ke Mayor Jenderal TNI Andika Perkasa. Kemudian, Mayjen TNI Achmad Supriyadi dilantik menjadi Pangdam Tanjungpura menggantikan Andika.

Mengenai serah terima jabatan juga dilakukan untuk posisi Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AD (Danseskoad) dari Mayjen TNI Dody Usodo Hargo kepada Brigadir Jenderal TNI Kurnia Dewantara. Jabatan Komandan Sekolah Calon Perwira TNI AD (Dansecapaad) dari Brigjen TNI Eka Wiharsa kepada Kolonel Inf Urip Wahyudi, dan jabatan Pangdam Udayana kepada Mayjen TNI Benny Susianto menggantikan Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak yang memasuki masa persiapan pensiun. ( IP – DW )

 



Berita Lainnya