Kamis , | WIB

Sabtu, 20 Januari 2018 - 12:33:32 WIB
CINA BANGUN TELESKOP RAKSASA BARU UNTUK PEMBURUAN ALIEN
Dunia - Dibaca: 747 kali


Intelijenpost.com

Intelijenpost.com, Xinjiang  

Sesuai menyangkut perlombaan luar angkasa abad ke-21 akan ditentukan oleh negara adikuasa yang pertama kali dapat melakukan kontak dengan kehidupan alien menggunakan teleskop terbaik. Untuk ini, Cina tampaknya berada di depan dengan teleskop canggih mereka.

Selanjutnya Cina telah mengoperasikan teleskop radio terbesar di dunia, 500-meter Aperture Spherical Telescope (FAST). Namun minggu ini, negara tersebut juga menyetujui rencana untuk Xingjiang Qitai 110m Radio Telescope (QTT).

Mengenai QTT adalah sebuah teleskop baru dengan piring yang dapat dikendalikan (steerable) berdiameter 10 persen lebih besar dari teleskop Green Bank di West Virginia, yang sebelumnya merupakan teleskop steerable terbesar di Dunia. Teleskop baru Cina ini akan memiliki kemampuan untuk memantau 75 persen langit.

Lantas teleskop radio seperti ini sangat penting untuk mendeteksi sinyal tertentu, karena dapat dipindahkan, diputar, dan ditujukan untuk target tertentu. Teleskop ini akan beroperasi pada frekuensi 150 MHz sampai 115 GHz. Frekuensi ini dioptimalkan untuk melakukan penelitian tentang gelombang gravitasi, lubang hitam dan materi gelap.

"Kemudian antenanya terbesar di dunia, akan dapat melacak asal-usul sinyal yang diterima," kata Song Huagang dari observatorium Chinese Academy of Sciences Xinjiang dalam sebuah pernyataan seperti dilansir laman Outer Place, 18 Januari 2018.

"Kemudian di sekitar teleskop ini ada pegunungan Tianshan yang akan melindungi teleskop dari kebisingan elektromagnetik," ujar Huagang. "Di situ jarang penduduknya, tepatnya di timur laut Xianjiang." ( IP - *** )

 



Berita Lainnya