Selasa , | WIB

Selasa, 13 Februari 2018 - 20:33:58 WIB
PERANG YEL - YEL SAAT UNDIAN PENDUKUNG GUS IPUL DAN KHOFIFAH
Berita Jatim - Dibaca: 163 kali


Intelijenpost.com

Surabaya, Intelijenpost.com

Sesuai mengenai KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Pleno Terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, di Hotel Mercure Surabaya, Selasa (13/12).

Selanjutnya pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tersebut diwarnai dengan perang yel-yel antara pendukung pasangan calon Saifullah yusuf-Puti Guntur Soekarno dengan pendukung Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Pantauan Intelijenpost .com di lokasi,perang yel-yel dari kedua kubu terjadi di dalam ruang rapat maupun di luar hotel.

Kemudian sejumlah kader Muslimat NU yang mengenakan seragam serba putih dengan bros Khofifah-Emil berada di depan pintu masuk hotel. Dengan rebana mereka mengumandangkan Salawat Badar. Mereka juga mengelu-elukan nama Khofifah. "Biyen pakde saiki bude (Dulu pakde sekarang bude), biyen Pakde saiki bude, Ibu Khofifah ibu e dewe (Khofifah ibu kami). Wis wayahe (sudah Saatnya) ibu Khofifah, Khofifah-Emil pilihan kita," begitu yel-yel dari kubu Khofifah-Emil terus berkumandang.

Lantas Pakde merujuk pada Gubernur Jawa Timur sebelumnya, Soekarwo yang akrab disapa Pakde Karwo. Salah satu partai pengusung adalah Demokrat, di Pakde Karwo jadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah Jawa Timur. Sementara di sisi lain, para pendukung Gus Ipul-Puti juga berteriak-teriak mendukung jagoannya. Jarak kedua kubu hanya sekitar satu meter dan dibatasi beberapa personel polisi.

Sementara untuk menyaingi yel-yel kubu Khofifah-Emil, para pendukung Gus Ipul-Puti yang mayoritas dari PKB dan PDIP terus meneriakkan nama jagoannya. "Gus Ipul Mbak Puti, Gus Ipul Mbak Puti, Gus Ipul Mbak Puti, Biyen pakde saiki Gus Ipul (dulu pakde sekarang Gus Ipul)," ujar para pendukung Gus Ipul-Puti.

Mengenai dalam pengundian nomor urut calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendapat nomor urut satu, sedangkan Gus Ipul mendapat nomor dua. "Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah dan Emil mendapatkan nomor urut 1, sedangkan Gus Ipul dan Mbak Puti mendapat nomor urut 2," tutur Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito.

Menyangkut hal ini, usai mendapatkan nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno langsung mengacungkan dua jarinya. Ia juga sempat berpidato dengan mengutip puisi kakeknya, Bung Karno, yang dimuat di buku Sarinah halaman 17-18 yang mencerminkan persamaan antara perempuan dan laki-laki. Puti juga sempat meminta restu kepada masyarakat agar bisa meraih kemenangan di Pilgub Jatim. ( IP – P. HARTAWAN )

 



Berita Lainnya