Minggu , | WIB

Jumat, 03 Oktober 2014 - 14:27:45 WIB
TERMINAL GAPURA SURYA NUSANTARA DIFASILITASI DUA UNIT GARBARATA
Pelabuhan - Dibaca: 34045 kali


"PT.PELINDO III PERCEPAT PENGERJAAN TERMINAL PENUMPANG"

SURABAYA, INTELIJENPOST.COM PT. Pelindo III (Persero) memfasilitasi dua unit garbarata boarding bridge pada Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Kegiatan peresmian Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara diresmikan Kamis (03/09/2014) oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dan turut hadir Plt Menteri Perhubungan Bambang Susantono.

Dahlan Iskan saat meresmikan pengoperasian Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Mengatakan peresmian sedianya terminal tersebut bakal diresmikan pada bulan November 2014.

Namun, lantaran pada 20 Oktober 2014, Menteri BUMN itu melepas jabatannya, maka Pelindo III mempercepat pengerjaan terminal penumpang.

"Seharusnya ini dioperasikannya masih nanti, tapi mereka ingin supaya ini saya yang meresmikan, maka Pelindo III mempercepat pengerjaannya biar peresmiannya dimajukan. Terimakasih," ucap Dahlan saat memberikan sambutan di acara tersebut.

Dengan dioperasikannya terminal penumpang ini, nantinya semua penumpang bisa menunggu lebih nyaman dan bersih sebelum kapal diberangkatkan. Ia juga kagum melihat hasil pembangunan terminal penumpang yang pertama kali menggunakan garbarata.

"Saya senanglah, bahwa ide yang sama-sama kita hembuskan akhirnya terwujud. Saya liat semuanya dari bahan stainless steel (bahan yang tidak mudah berkarat). Ini penyelesaiannya bagus. Saya juga bersyukur pelabuhan Surabaya ini bisa dibangun menjadi lebih modern, karena kerjasama dari semua pihak dan Kemenhub," jelas Dahlan.

Terakhir, Dahlan berpesan pada direksi Pelindo III agar selalu memberikan pelayanan yang baik bagi penumpang, serta selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan penumpang. "Pembangunan terminal penumpang ini sangat bersejarah bagi saya. Ini harus terus dijaga," harapnya

Sementara itu, Dirut Pelindo III Djarwo Surjanto mengatakan, dana pembangunan gedung terminal penumpang tersebut mencapai Rp160 miliar. Pendanaan berasal dari kas internal. Total kapasitas sebanyak 4 ribu penumpang atau meningkat 60% dibandingkan sebelumnya sekitar 2.500.

"Terminal penumpang modern Tanjung Perak ini dilengkapi dengan dua garbarata, Gapura Surya Nusantara, adalah terminal penumpang kapal laut pertama di Indonesia yang menggunakan garbarata," kata Djarwo

Peresmian ini bersamaan dengan kegiatan embarkasi penumpang kapal milik PT Pelni (Persero) KM Labobar tujuan Makassar-Jayapura dengan spesifikasi LOA 146 meter, dengan kapasitas 3.084 penumpang.

Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara dilengkapi dengan berbagai fasilitas dengan konsep bangunan bersifat modern, green architecture, ramah lingkungan dan hemat energi yang menggunakan lampu LED.

"Pada tahun lalu, kondisi eksisiting terminal penumpang ini terdiri dari dua bangunan lama yaitu Gapura Surya yang dibangun pada 1976 dan Gaputa Nusantara yang dibangun 1983 dengan luas 6.800 m2 dengan kapasitas 2.500 penumpang," ucapnya.(IP/LA)

Berita Lainnya