Rabu , | WIB

Selasa, 24 April 2018 - 15:45:51 WIB
PENGERJAAN JEMBATAN DOWO LOMBA OLEH PIHAK REKANAN TERKESAN ASAL-ASALAN
Nusantara - Dibaca: 185 kali


Intelijenpost.com

SERTA TERINDIKASI ADA PENYIMPANGAN

Nagekeo, NTT. Intelijenpost.com

Sesuai menyangkut persoalan pengerjaan jembatan Dowo Lomba menjadi pemicu amarah bagi warga masyarakat Desa WituRombaUa, kecamatan Keo Tengah, kabupaten Nagekeo, NTT, karena proyek ini terkesan dikerjakan asal – asalan oleh rekanan atau pemborong sehingga terindikasi ada penyimpangan proyek tersebut.

Lantas hal ini yang terjadi di masyarakat, disekitar jembatan Dowo Lomba Desa WituRombaUa, kecamatan Keo Tengah, masyarakat di desa tersebut mengeluhkan kondisi jembatan yang baru dikerjakan di akhir tahun 2017 lalu itu, sudah retak dan patah tiang pengaman disisi kiri dan kanan jalan, di curigai tiang pengaman tersebut tidak menggunakan besi beton. Dan juga pihak rekanan yang mengerjakan jembatan tersebut belum semuanya, tiang pengaman dipasang, ujar masyarakat desa ini.

Sementara hal ini, terlihat jelas sekarang di tempat tiang pengaman tersebut dibiarkan, lubang tempat cor - coran tiang tersebut masih menganga yang hingga sekarang belum di pasang tiang pengaman, kata masyarakat di sekitar lokasi itu sebut saja Joko.

Mengenai hal tersebut, lantas dengan proyek jembatan ini, Intelijenpost.com coba konfirmasi dengan beberapa masyarakat yang berada dilokasi, namun namanya tidak mau dipublikasikan, mengatakan pada awal pengerjaan jembatan pihak kontraktor yang mengerjakan proyek ini meminta di masyarakat yang berada disekitar lokasi tersebut, untuk membuka jalan alternatif dan ada kesepakatan secara lisan mengatakan ada beberapa tanaman seperti pohon kelapa, jati putih yang terkena gusur itu akan di bayar atau ganti rugi, namun sampai dengan pengerjaan selesai tidak di bayar oleh kontraktor tersebut.

Kemudian  juga pada saat pengerjaan proyek tersebut ada tumpukan material yang menggunung di sekitar kebun warga, itu juga tidak dibersihkan atau diratakan kembali sampai sekarang dibiarkan begitu saja, kata masyarakat dilokasi itu secara beramai-ramai.

Selanjutnya pengerjaan jembatan Dowo Lomba tersebut dikerjakan dengan anggaran 2 meliard lebih. Maka Intelijenpost.com tidak menghendaki pihak rekanan atau kontraktor yang mengerjakan itu, asal jadi atau tidak berkualitas. Dan hal ini juga dalam proses pengerjaan ada kelemahan dari Pemda Nagekeo, dalam hal ini Dinas PU Nagekeo yang tidak mengawasi secara rutin, atau pembiaran. Hal ini sama saja Dinas PU Nagekeo memperkaya rekanan atau kontraktor.

Tutupnya berita ini Intelijen post.com minta Dinas PU kabupŕaten Nagekeo agar jangan dulu melakukan PHO sebelum pihak rekanan mempertanggungjawabkan pekerjaan tersebut. Sebelum terjadi permasalahan yang lebih fatal, dan pada akirnya harus berurusan dengan aparat penegak hukum nantinya. ( IP.Naga )

 



Berita Lainnya