Senin , | WIB

Minggu, 24 Juni 2018 - 08:10:53 WIB
SURVEI P3SI : GUS IPUL - PUTI UNGGUL DARI KHOFIFAH - EMIL DARDAK
Berita Jatim - Dibaca: 305 kali


Intelijenpost.com

Surabaya, Intelijenpost.com

Sesuai mengenai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf ( Gus Ipul ) – Puti Guntur Soekarno diprediksi unggul dari pesaingnya Khofifah Indar Parwansa-Emil Elistianto Dardak pada Pilkada Jawa Timur 2018.

Lantas pada survei terbaru yang dirilis oleh Paguyuban Pejuang Pers Seluruh Indonesia ( P3SI ), pasangan Gus Ipul - Puti diperkirakan bakal meraup 52,8 persen dibandingkan pasangan Khofifah - Emil dengan 42,5 persen. Sementara 5,7 persen responden menjawab tidak tahu.

"Sementara pada hari H tidak ada lagi yang tidak tahu atau tidak jawab jadi kisarannya ketika melihat angka ini paling jauh jaraknya 10 persen paling dekat bisa seperti Pilpres 2014 lalu.  Jadi Gus Ipul 57 Khofifah 47," terang Ketua umum P3SI Lahane Aziz di kawasan Tegal Sari, Surabaya, Sabtu (23/6). 

Selanjutnya menurut prediksi,  perolehan suara Gus Ipul akan jauh berbeda dengan hasil Pilkada Jatim nanti. Pasalnya, besok (24/6) sudah memasuki hari tenang kampanye Pilkada 2018. Alhasil, pasangan cagub dan cawagub sudah tidak bisa lagi menggaet minat calon pemilih untuk menambah perolehan suara meski masih ada sedikit kemungkinan untuk membalik keadaan. "Angka ini mungkin berubah apabila ada gejolak politik," ujar Aziz.

Kemudian survei ini diselenggarakan pada 17-22 Juni 2018 menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan melibatkan 1.300 responden di seluruh Kabupaten di Jawa Timur dengan tingkat kepercayaan sebesar 97 persen dan margin of error sebesar 3,8 persen. Survei ini juga menggunakan simulasi kotak suara yang diklaim bakal mempunyai validasi jawaban yang lebih baik ketimbang wawancara. "Yang paling relevan adalah simulasi kertas suara yang berpasangan. Karena itu yang akan terjadi mirip pada Pilkada empat hari kedepan," pungkasnya. ( IP - *** )




Berita Lainnya