Senin , | WIB

Rabu, 11 Juli 2018 - 23:39:57 WIB
HANYA DILAKUKAN LEWAT SITUS BKN PENDAFTARAN CPNS 2018
Nusantara - Dibaca: 57 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost.com

Sesuai agak berbeda dengan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebelumnya, penerimaan dan pendaftaran CPNS Tahun Anggaran 2018 bakal dilakukan secara terpusat.

Mengenai seleksi CPNS 2018 hanya akan menggunakan satu portal nasional yang terintegrasi yakni melalui situs https://sscn.bkn.go.id saja. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan seleksi CPNS 2018 memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan seleksi pada tahun lalu. Perbedaan itu terlihat dari proses seleksi yang tak lagi dilakukan secara terpisah sesuai dengan lembaga dan instansi terkait.

"Lantas untuk mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi," kata Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan dalam keterangan pers yang diterima awak media, Rabu (11/7).

Bahkan jika sebelumnya, pendaftaran dapat dilakukan melalui situs mandiri oleh instansi terkait, pada pendaftaran CPNS tahun ini semua proses pendaftaran terpusat pada portal nasional yang beralamat di https://sscn.bkn.go.id. BKN meniadakan pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi. Menurut BKN, perubahan mekanisme ini membuat alur pendaftaran CPNS 2018 lebih singkat dan memudahkan pelamar dalam pendaftaran yang satu pintu. 

Kemudian selain itu, pelaksanaan proses seleksi berupa seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT BKN) yang akan diselenggarakan BKN selaku Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). BKN berharap perubahan mekanisme membuat seluruh proses seleksi CPNS sesuai dengan ekspektasi publik.

Selanjutnya perbedaan seleksi CPNS 2018 ini menjadi topik utama yang disampaikan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka BKN) Iwan Hermanto saat menjadi Keynote Speaker dalam perhelatan Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian 2018 yang berlangsung hari ini di Gedung Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang. Kendati demikian, hingga saat ini BKN masih belum merilis informasi resmi mengenai waktu penyelenggaraan seleksi CPNS 2018.

"Menyangkut semua informasi resmi terkait kebijakan pendayagunaan aparatur negara, termasuk rencana penerimaan CPNS tahun 2018, akan kami sampaikan melalui website menpan.go.id," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman melalui siaran pers, Minggu (24/06). ( IP - *** )

 



Berita Lainnya