Rabu , | WIB

Jumat, 27 Juli 2018 - 21:32:53 WIB
JANJIKAN PAPUA MERDEKA JIKA LUKAS MENANG BUPATI NDUGA BANTAH
Nusantara - Dibaca: 220 kali


Intelijenpost.com

Papua, Intelijenpost.com

Sesuai mengenai Bupati Nduga Yairus Gwijangge membantah tuduhan soal tidak netral saat pemilihan Gubernur Papua Juni lalu. Ia menegaskan bahwa tuduhan tersebut hanya berasal dari orang-orang yang ingin menjelekkan namanya. "Itu orang minta makan. Kalau minta makan ya minta makan, jangan buat isu. Nama jelek nanti. Kalau menjelekkan maka kita seret ke jalur hukum," kata Yairus kepada awak media, Jumat (27/7).

Lantas ia juga menampik tuduhan menjanjikan kemerdekan Papua jika Lukas Enembe-Klemen Tinal terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua. Yairus menekankan bahwa Papua akan menjaga keutuhan NKRI.  "Kita perpanjangan tangan pemerintah pusat dan menjaga keutuhan NKRI. Tuduhan Lukas bisa kasih kemerdekaan jika menang itu tidak mungkin," kata Yarius.

Kemudian Yarius juga menambahkan bahwa dirinya tidak bisa hadir dalam persidangan yang digelar di Mahkamah Konstitusi pada Rabu mendatang (1/8). Ia mengatakan jika kondisi Nduga saat ini memperlukan perhatian khusus darinya.

Namun sebelumnya, pasangan calon gubernur-wakil gubernur Papua Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae menuding Yairus bersikap tidak netral lantaran mengajak masyakarat di wilayahnya untuk memilih paslon Lukas Enembe- Klemen Tinal pada Pilkada 2018 lalu. Yairus disebut juga menjanjikan kemerdekaan Papua saat berkampanye untuk Lukas.

 

BahkanHal itu dituturkan Wempi-Habel melalui kuasa hukummnya, Saleh, dalam sidang pendahuluan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (26/7). Dia mengatakan bahwa sikap Bupati Nduga itu merupakan salah satu kejanggalan dalam pelaksanaan pemilihan gubernur Papua di Nduga. ( IP – JN )

 



Berita Lainnya