Senin , | WIB

Rabu, 05 November 2014 - 08:57:46 WIB
BAN KI MOON AJAK PBB BERGABUNG DENGAN OSCE GUNA ATASI KRISIS UKRAINA
Dunia - Dibaca: 25920 kali


MOSCOW,INTELIJENPOST.COM Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada hari Selasa menyerukan kepada PBB dan Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) untuk menggabungkan upaya untuk menyelesaikan krisis Ukraina.

"Kami memiliki tanggung jawab bersama untuk mengurangi ketegangan - dan kami telah tangan-di-tangan kerja," kata Ban Ki-moon dalam pidatonya kepada Dewan Tetap OSCE seperti dikutip rianovosti.com.

Ban Ki-moon juga mengatakan bahwa penasihat mediasi PBB sudah memberikan dukungan kepada OSCE Pemantauan Misi Khusus di Ukraina, dan menyatakan bahwa kedua organisasi memiliki pengalaman dalam mendukung pemilihan, mediasi dialog nasional, membantu penegakan hukum dan reformasi sektor keamanan, menasihati yuridis dan proses reformasi konstitusi, serta merancang kebijakan ekonomi dan perdagangan.

"Mari kita pool kekuatan itu di bulan depan," tambah Sekretaris Jenderal PBB.

Ban Ki-moon juga memuji OSCE untuk keterlibatan awal dan aktif dalam situasi di Ukraina, dan untuk peran menonjol di tanah.

Pada bulan April, pasukan Kiev memulai operasi militer terhadap para pendukung kemerdekaan di timur Ukraina, yang menolak untuk mengakui legitimasi pemerintah baru yang berkuasa setelah kudeta Februari.

Setelah berbulan-bulan pertumpahan darah, di mana lebih dari 3.700 orang tewas, sisi yang bertikai menandatangani perjanjian gencatan senjata pada tanggal 5 September.(RIA/IP)


Berita Lainnya