Rabu , | WIB

Selasa, 04 September 2018 - 11:36:44 WIB
UPAYA UNTUK MEMAHAMI HAM
Kabar Redaksi - Dibaca: 165 kali


Intelijenpost.com

Pemred Intelijenpost: Sultan Ode Lahane Aziz.

Sesuai mengenai Bangsa Indonesia sejak perjuangan kemerdekaannya telah komitmen menegakkan dan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Perlawanan yang gigih terhadap penjajah adalah bukti kesungguhan Bangsa Indonesia atas komitmen tersebut. Hal ini juga tersurat secara tegas dalam falsafah ideologi maupun yuridiksi Pancasila dan UUD 1945 yang menjadi jiwa, semangat dan falsafah hidup Bangsa Indonesia, terurai dalam setiap silanya dan tersurat dalam UUD 1945 dari Pembukaan ( Preambule ), Batang Tubuh dan Penjelasannya.

Upaya memahami menghayati dan mengamalkan Pancasila karena dalam Pancasila HAM dapat kita temukan dengan penjabaran dari setiap silanya :

Sila  I ; Pengakuan secara tegas kepercayaan Bangsa Indonesia kepada Tuhan Yang Maha Esa ( Iman dan taqwa ), sebagai kebutuhan primer sekaligus menjadi garis pembeda antara manusia dengan makhluk selain manusia.

Sila II ; Manusia yang adil dan beradab adalah pernyataan kesadaran secara alamiah bahwa manusia adalah makhluk biologis biokultural yang unik. Tak ada satupun dari sekitar 6 milyar manusia di muka bumi yang sama. Ia sadar disamping sebagai makhluk kompetitif juga makhluk koomperatif dalam mengembangkan kehidupan dan peradabannya.

Sila III ; Persatuan Indonesia bukan penyatuan Indonesia. Kristalisasi dari Bhineka Tunggal Ika. Mengandung makna, kemajemukan sebagai variasi thema alam dan variabel sebagai thema sentral manusia. Ini juga atas bimbingan Tuhan Yang Maha Esa dengan pernyataan lewat para Nabi : bahwa, kemajemukan untuk manusia adalah rahmat bukan malapetaka.

Sila IV ; Pemahaman konsepsional secara total, integral dan dimensional tentang HAM dan demokrasi . Penjabaran konsep hak individu, hak warga dan hak pemerintah secara jelas.

Sila V ; Sebagai muara tujuan HAM, guna mewujudkan keadilan sehingga kesenjangan dimini malisir sekaligus pemahaman akan takdir ( genetica  gamling ) baik sebagai individu maupun lingkungan kulturalnya.

Konsep HAM didalam Preambule. UUD 1945 telah jelas. Setidaknya terdapat 11 azas hukum dasar yang erat dengan HAM. Yaitu azas berprikemanusiaan dan berperikeadilan, azas kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa, azas bangsa pejuang, azas mengayomi bangsa dan negara, azas memajukan kesejahteraan umum, azas mencerdaskan bangsa, azas ikut menertibkan dunia, azas kebebasan memeluk Agama, azas adil dan beradab, azas musyawarah untuk mufakat. ( IP - *** )        



Berita Lainnya