Senin , | WIB

Minggu, 07 Oktober 2018 - 11:27:38 WIB
PARA PETINGGI DUNIA MULAI TIBA DI BALI PERTEMUAN IMF - WB
Ekonomi Bisnis - Dibaca: 73 kali


Intelijenpost.com

Bali, Intelijenpost

Sesuai mengenai pertemuan tahunan Dewan Gubernur Dana Moneter Internasional-Bank Dunia (IMF-World Bank) akan resmi digelar pada pekan depan, 8-14 Oktober 2018.

Selanjutnya dalam perhelatan akan dihadiri oleh para pejabat pembuat kebijakan ekonomi dan sektor keuangan dari 189 negara. Selain menteri keuangan dan gubernur bank sentral, sejumlah kepala negara juga bakal mampir ke Indonesia untuk menghadiri pertemuan ini.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Harian Pertemuan Tahunan IMF- Bank Dunia Susiwijono mengungkapkan jadwal kedatangan dari para petinggi tersebut berbeda, menyesuaikan dengan kegiatan yang akan dihadiri. Susiwijono menyebutkan, sebagai yang punya acara, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde telah tiba sejak Jumat (5/10) kemarin sore di Bali.

"Kemudian saya jemput (Lagarde) sama Pak Luhut (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan). Begitu mendarat di Bandara Ngurah Rai langsung kami ajak keliling melihat seluruh Bandara Ngurah Rai," ujar Susiwijono saat dihubungi awak media, dikutip Minggu (7/10).

Lalu sementara, Presiden Bank Dunia Kim Jim Yong diperkirakan baru akan tiba di Indonesia pada Selasa (8/10) karena masih harus menghadiri acara di Washington DC, AS. "Tetapi, seluruh petinggi IMF dan Bank Dunia sudah lebih dulu di sini semua," ujarnya.

Lantas untuk pejabat tinggi dari negara lain diperkirakan baru akan datang pada Rabu (10/10) dan Kamis (11/10). "Karena, memang puncak acaranya kan memang di tanggal 12 dan 13 Oktober," ujarnya. Pesawat pribadi kepala negara yang hadir akan mendapatkan prioritas parkir pesawat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yang memiliki 19 slot parkir khusus.

Lanjut Susiwijono menyebutkan jumlah peserta yang akan hadir dalam pertemuan ini bisa membengkak menjadi 34 ribu akibat besarnya animo pihak-pihak yang berkepentingan, tidak hanya dari luar negeri, tetapi juga masyarakat lokal. Secara keseluruhan, puncak kedatangan peserta pertemuan ke Bali baru akan terjadi pada Minggu (7/10) dan Senin (8/10). Kendati demikian, sebagian kecil delegasi telah berdatangan sejak kemarin. ( IP – MB )

 



Berita Lainnya