Selasa , | WIB

Jumat, 21 November 2014 - 15:10:20 WIB
ILEGAL LOGING DAN PENAMBANG LIAR DIBEKENGI OKNUM PETUGAS
Nusantara - Dibaca: 4701 kali


LUWUK,INTELIJENPOST.COM Pemilik Sawmil terbesar di Kecamatan Bunta, Kabupaten Ampana, Tojo – Una – Una, Sulawesi Tengah ( Palu ) dan pemiliknya bernama Joni Nayoan serta sebagai pelindung yang berinsial JN/SN ( keluarganya sendiri ) karena yang bersangkutan masih menjabat sebagai anggota DPR – daerah Luwuk – Banggai, dan juga dibekengi oknum petugas Polisi maupun TNI.

Hasil investigasi dan data yang dihimpun Intelijen Post dari sumber yang dapat dipercaya mengatakan, pemilik sawmill tersebut dan karyawannya melakukan penebangan liar atau illegal loging dan juga melakukan penambangan galian C atau sertu secara liar karena diduga ijinnya belum lengkap dari Kementerian ESDM, kata sumber ini.

Sementara dari perbuatan illegal loging dan penambangan secara liar mengakibatkan rusak lingkungan dan meresahkan masyarakat  di sekitar  tempat kegiatan tersebut, dan hal ini sudah melanggar Undang – Undang Nomor. 14 Tahun 2010 tentang pelanggaran galian C dengan denda Rp. 10 meliar, dan hukuman 10 tahun penjara, dan melanggar Keputusan Menteri ESDM No. 8 Tahun 2012 tentang penghentian ijin galian C atau sertu, tegasnya.

Jadi dengan unggahnya berita ini Intelijen Post  harapkan Pemerintah Jokowi – JK atau melalui Kabinetnya ( Menteri ESDM ) untuk menindak lanjuti terkait ijinnya dan permasalahan illegal loging dan rusaknya lingkungan supaya Pemerintah harus mengambil langkah tindakan tegas, ujarnya.

Karena terkesan pemilik sawmill Joni Nayoan kebal hukum karena saudaranya sebagai anggota DPR yang ikut melindungi dan oknum petugas Polri maupun TNI ikut membekengi karena dalam hal ini petugas tersebut diberikan setoran ( menerima upeti ), ungkap sumber tadi. (IP – CK)

Berita Lainnya