Sabtu , | WIB

Jumat, 02 November 2018 - 18:30:16 WIB
CARI BAGIAN LAIN KOTAK HITAM KM BARUNA JAYA MELAUT LAGI
Peristiwa - Dibaca: 78 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost

Sesuai mengenai Kapal Motor Baruna Jaya I kembali melaut hari ini (2/11) untuk mencari bagian lain dari kotak hitam alias black box dari Pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang.

Mengenai kotak hitam yang dicari adalah yang berisi rekaman suara percakapan pilot di kokpit atau cockpit voice recorder (CVR). Pantauan CNNIndonesia.com pada pukul 07.40 WIB KM Baruna Jaya I tengah melakukan persiapan mengangkut logistik untuk kebutuhan personel pencari CVR.

Lantas sejumlah petugas SAR juga terlihat mondar-mandir di lokasi KM Baruna Jaya I berlabuh di Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara yang merupakan posko evakuasi pencarian Lion Air JT-610. Sejumlah wartawan juga terpantau tengah mendaftar di posko Badan SAR Nasional (Basarnas), Posko Polairud, Posko Koarmada untuk ikut mencari sisa bangkai pesawat dan posisi CVR.

Bahkan lebih lanjut, berdasarkan data yang terpampang di Posko Basarnas rencana pencarian H+4 personel gabungan yang dikerahkan untuk pencarian korban dan black box sebanyak 869 orang.  Sementara itu, jumlah penyelam yang dikerahkan sebanyak 119 personel yang terdiri dari KANSAR Semarang, Indonesia Diver, Denjaka, Kopaska, BSG, dan POSSI Semarang.

Kemudian selain itu, sebanyak 45 unit unsur laut bakal dikerahkan untuk mencari korban, bangkai pesawat dan CVR. Sebelumnya, tim evakuasi telah menemukan kotak hitam diduga berisi rekaman data penerbangan atau flight data recorder (FDR), Kamis (1/11) siang. Kotak hitam FDR itu ditemukan di perairan Karawang oleh tim penyelam Taifib Marinir dari Kapal Baruna Jaya I.

Selanjutnya Pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang hilang kontak setelah 13 menit lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 06.20 WIB, Senin (29/10). Manifes penerbangan pesawat dengan register PK-LQP itu ada 181 penumpang (2 bayi, 1 bocah) dan delapan awak. ( IP – TIO )



Berita Lainnya