Rabu , | WIB

Rabu, 14 November 2018 - 06:01:36 WIB
TAK ADA POLITISI YANG MENCERMINKAN BUNG HATTA MEUTIA :
Politik & Pemerintahan - Dibaca: 323 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost

Mengenai anak sulung proklamator Mohammad Hatta, Meutia Farida Hatta mengatakan hingga saat ini belum ada politisi yang mencerminkan sosok ayahnya.

Lantas pernyataan ini merespons politisasi sosok Bung Hatta oleh kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno jelang pilpres 2019. "Saya kira tidak ada sih [yang mencerminkan]. Mungkin niat ada, tapi pelaksanaan belum, artinya itu harus ada kepedulian," ujar Meutia saat ditemui usai peluncuran 10 Seri Buku Karya Lengkap Bung Hatta di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (13/11).

Selanjutnya Meutia mempersilakan siapapun untuk meneladani Bung Hatta. Namun ia menolak jika sosok Bung Hatta dipolitisasi untuk kepentingan elektoral. "Janganlah begitu, kalau mengangkat tokoh ya tokohnya itu dengan kemampuannya sendiri karena dia yang menjalani kehidupan dan menjadi pemimpin masa sekarang dan masa depan," tambah Meutia.

Kemudian pada kesempatan yang sama, anak ketiga Hatta, Halida Nuriah Hatta menyampaikan harapan serupa. Halida meminta sosok Bung Hatta tidak dibawa-bawa dalam urusan politik. Menurutnya, Bung Hatta adalah sosok yang sangat mencurahkan jiwa raga untuk bangsa.

Hal ini, sehingga tidak patut untuk sekadar mendompleng kebesaran namanya. "Kalau misalnya ada yang hanya menganggap Bung Hatta sebagai copy-paste copy-paste, ambil nama tempel sana, ambil nama tempel sini, kita tidak punya kegairahan untuk memperbaiki kualitas hidup bangsa," ujar Halida.

Bahkan sebelumnya, Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar menyebut Sandiaga Uno sebagai sosok yang mirip dengan Bung Hatta. Ia juga menyamakan sosok Prabowo sebagai campuran sosok Bung Karno dan Jenderal Sudirman. Pernyataan itu ia sampaikan dalam sebuah video yang diunggah lewat akun Twitter Wasekjen PAN yang juga jubir Prabowo-Sandi, Faldo Maldini.

Mengenai pernyataan itu menimbulkan reaksi beragam, termasuk dari anak Halida Hatta, Gustika Jusuf-Hatta. Lewat akum Twitternya, Gustika menolak keras sosok Sandi yang ia sebut 'politikus kemarin sore' disamakan dengan sosok kakeknya. ( IP – DW )



Berita Lainnya