Minggu , | WIB

Minggu, 18 November 2018 - 09:58:12 WIB
JADI TIPE A KAPOLRI SEGERA NAIKKAN POLDA BANTEN DAN DIY
Halo Polisi - Dibaca: 145 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost

Sesuai mengenai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian akan menaikkan status Kepolisian Daerah (Polda) Banten dan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari Tipe B menjadi Tipe A dalam waktu dekat.

Lantas hal ini diketahui dari keterangan yang disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo saat mengonfirmasi kebenaran Keputusan Kapolri KEP/1797/XI/2018 yang diedarkan lewat Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2947/XI/KEP./2018 yang salinannya diterima wartawan, Sabtu (17/11).

Kemudian menurutnya, mutasi Brigjen Tomsi Tohir dari jabatan Kepala Biro Pengawasan Penyidikan Badan Reserse Kriminal (Karowassidik Bareskrim) Polri ke Kapolda Banten serta pengukuhan Brigjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda DIY ialah dalam rangka peningkatan tipologi dua satuan kepolisan wilayah tingkat provinsi itu dari Tipe B ke Tipe A.

"Mengenai telegram mutasi tersebut dalam rangka peningkatan tipologi Polda DIY dan Polda Banten dari Tipe B menjadi Tipe A yang akan dipimpin oleh Kapolda dengan pangkat bintang dua. Rencana pengukuhan dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata Dedi lewat pesan singkat, Sabtu (17/11). Diketahui ada tiga jenis tipe polda yakni Tipe A-K (A+), Tipe A dan Tipe B. Tipe A-K (A+) hanya dimiliki oleh Polda Metro Jaya. Polda Tipe A-K dan A dipimpin oleh seorang perwira tinggi berpangkat inspektur jenderal, sementara polda Tipe B dipimpin oleh brigjen.

Selanjutnya berdasarkan catatan Intelijenpost.com, Tito telah menaikkan sebanyak 10 polda dari Tipe B ke Tipe A sejak menjabat sebagai Kapolri pada 13 Juli 2016.  Daftar 10 polda yang telah dinaikkan tipologinya itu adalah Polda Lampung, Polda Riau, Polda Sumatera Barat, Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), Polda Maluku, Polda Kepuluan Riau, Polda Jambi, Polda Kalimantan Selatan, Polda Kalimantan Tengah, dan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini, Tito sendiri pernah mengungkapkan alasan menaikkan tipologi sejumlah Polda dari Tipe B ke Tipe A adalah tingkat kerawanan daerah yang cukup tinggi dan tidak ingin perwira tinggi (Pati) menumpuk di Mabes Polri. "Karena kerawanan wilayahnya lain-lain. Kalau naik bintang dua, wakilnya bintang satu untuk mengakomodir supaya jangan banyak di Mabes tapi kita dorong di Polda-Polda," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada 13 September 2016.

Lalu sementara itu, mantan Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar pernah mengungkapkan penguatan anggaran, sarana-prasarana, dan sumber daya manusia menjadi hal yang akan terjadi jika status ketiga Polda di atas sudah meningkat. "Ketika beralih status secara perlahan akan menyesuaikan, termasuk komposisi jabatan di masing-masing Polda," ucap Boy di Mabes Polri pada 18 Mei 2016. ( IP – DW )

 


 



Berita Lainnya