Kamis , | WIB

Senin, 03 Desember 2018 - 17:49:03 WIB
IKUT BERDAYAKAN NELAYAN KAPOLRI HARAP KORPOLAIRUD IKUT
Halo Polisi - Dibaca: 261 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost

Sesuai menurut Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meminta jajaran Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri untuk ikut memberdayakan nelayan. Hal itu diungkapkan Tito saat acara peringatan HUT ke-68 Korpolairud, di Markas Korpolairud, Jakarta Utara, Senin (3/12/2018).

"Menuutnya nelayan kita harus diberdayakan, dibantu mereka bersama dengan Kementerian terkait. Industri kelautan, perikanan juga harus maju, ini kita harus dukung.  Kapolri resmikan 24 Tambahan Armada Tito berpesan kepada jajarannya agar jangan asal menangkap para nelayan, tetapi juga memberikan solusi. Menurutnya, bantuan yang dapat diberikan seperti memudahkan pemberian izin.

"Lantas kalau untuk nelayan-nelayan yang memang mencari makan untuk keluarganya, kemudian mungkin terhambat perizinan segala macam, kasih toleransi. Kita percepat bantu perizinannya dan lain-lain," jelas dia. Namun, Tito menegaskan bahwa untuk beberapa kasus seperti illegal fishing dan penggunaan bom ikan perlu ditindak tegas.

Sementara ia menjelaskan, penggunaan bom ikan dan zat kimia lainnya saat melaut dapat merusak ekosistem laut Indonesia, misalnya terumbu karang. Oleh sebab itu, pelakunya perlu ditindak tanpa toleransi. "Kalau bom ikan tidak ada solusi, karena merusak terumbu karang yang menjadi tempat pijakan berkembangnya ikan.

Hal ini kemudian menggunakan racun bahan kimia itu merusak, tangkap, tidak ada toleransi," tuturnya. Illegal Fishing Terbanyak Ia berharap jajarannya dari Korpolairud dapat turut menyejahterakan nelayan sekaligus memajukan industri kelautan dan perikanan. ( IP – TIO )



 



Berita Lainnya