Jumat , | WIB

Selasa, 04 Desember 2018 - 17:46:55 WIB
SOAL PEMBUNUHAN JAMAL KHASHOGGI BOS CIA BRIEFING SENAT
Nasional - Dibaca: 288 kali


Intelijenpost.com

Amerika Serikat, Intelijenpost

Sesuai mnurut Direktur CIA, Badan Intelijen Amerika Serikat, Gina Haspel dijadwalkan memberikan penjelasan tentang pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di hadapan para petinggi Senat hari ini.

Lantas menurut senator yang yang akan menghadiri rapat dengan bos CIA ini kepada para petinggi Senat dan senat dari Komisi Hubungan Luar Negeri, Komisi Angkatan Bersenjata serta subkomite Operasi Luar Negeri, dan Komisi Apropiasi akan mendengarkan penjelasan Haspel.

Mengenai hal ini, Haspel diharapkan dapat memberikan informasi rinci kepada para pimpinan Senat dari partai Republik maupun Demokrat tentang rekaman audio berisikan pembunuhan Khashoggi, yang sengaja memilih tinggal di Amerika Serikat demi keselamatan jiwanya. Khashoggi juga sebagai kontributor Washington Post yang kerap mengkritik pemerintahan Arab Saudi.

Bahkan pekan lalu, senator menegur Presiden Donald Trump dan kabinetnya yang menyangkal penjelasan CIA tentang pembunuhan Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober 2018.Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Jim Mattis dalam pertemuan di hadapan Senat pekan lalu mengatakan, tidak ada bukti kuat putra mahkota berada di balik pembunuhan Jamal Khashoggi. Keduanya juga mendesak para senator untuk tidak menurunkan derajat hubungan dengan Arab Saudi.

Kemudian Senator dari Republik yang kritis terhadap Trump mengatakan insiden ini, dirinya tidak puas dengan penjelasan Pompeo dan Mattis. "Cara pemerintah menanganinya tidak dapat diterima," ujarnya tentang pembunuhan Jamal Khashoggi. Dalam rapat pekan lalu, bos CIA tidak hadir untuk memberikan penjelasan kepada para senator. ( IP - *** )

 



Berita Lainnya