Minggu , | WIB

Minggu, 30 Desember 2018 - 12:01:43 WIB
SAAT MALAM TAHUN BARU TEMBUS 557 PASANGAN PENDAFTAR NIKAH MASSAL
Peristiwa - Dibaca: 100 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost

Sesuai perkembangan hingga Jumat petang, 28 Desember 2018, jumlah pendaftar nikah massal yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada malam pergantian tahun 2019 telah mencapai 557 orang. Ratusan pasangan tersebut berasal dari kelurahan di Jakarta.

“Lantas rinciannya, peserta nikah massal adalah 221 pasang dan peserta itsbat nikah 336 pasang,” ujar Kepala Biro Pendidikan, Mental, dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Hendra Hidayat saat dihubungi Tempo pada Sabtu, 29 Desember 2018.

Selanjutnya untuk acara itsbat nikah, Hendra menerangkan tujuannya untuk memuliakan para pasangan yg sudah menikah secara agama, namun belum tercatat secara resmi dalam hukum formal. Sehingga melalui nikah massal ini, para pasangan itu legal di mata hukum dan dapat memiliki dokumen negara berupa Buku Nikah

Kemudian untuk lokasinya, Hendra menjelaskan acara nikah massal akan berlangsung di Lapangan Parkir Thamrin 10, Jakarta Pusat, mulai pukul 19.00 sampai 24.00 WIB. Di acara itu, penceramah kondang Aa Gym akan memberikan nasihat pernikahan kepada para peserta.

Bahkan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan melakukan acara nikah massal kembali pada tahun ini. Di tahun sebelumnya, acara serupa pernah diadakan oleh Pemprov DKI. Namun, yang membedakan di tahun ini adalah mahar pernikahannya.

Hal ini di tahun sebelumnya, para peseta nikah massal masing-masing mendapatkan 1 gram emas. Untuk tahun ini, mengatakan mahar pernikahan tahun ini adalah uang sejumlah Rp500 ribu dan seperangkat alat solat. “Itu dari sponsor tunggal Bazis, kami enggak ada sponsor yang lain," kata Hendra

Lalu selain itu, Hendra mengatakan jumlah peserta nikah massal pada tahun ini mengalami peningkatan. Di tahun 2017, jumlah peserta nikah massal adalah 437 pasangan, sedangkan di tahun 2018 menjadi 557. Artinya ada peningkatan sebanyak 120 pasangan. ( IP – R. JONGKEN )

 



Berita Lainnya