Jumat , | WIB

Minggu, 27 Januari 2019 - 09:20:32 WIB
DI MANGGARAI TIMUR FLORES TERSEBAR DI TIGA KECAMATAN 32 KASUS DBD
Pendidikan & Kesehatan - Dibaca: 214 kali


Intelijenpost.com

Manggarai, Intelijenpost

Menyangkut adanya penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD) di Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT selama Januari 2019 ini mencapai 32 kasus. Merebaknya warga yang menderita DBD ini tersebar di tiga kecamatan yakni di Kecamatan Borong sebanyak 24 kasus, di Kecamatan Kota Komba sebanyak lima kasus dan di Kecamatan Ranamese sebanyak tiga kasus.

Selanjutnya hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Penanganan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur Regina Malon kepada Kompas.com, Sabtu (26/1/2019). Malon menjelaskan, pihaknya sudah melakukan penanganan terhadap penyakit DBD bersama dengan 25 Puskesmas di sembilan kecamatan di Manggarai Timur.

Kemudian Dinkes bagi Obat Abate di Puskesmas Pesisir Pantai di Manggarai, Flores Diantaranya, melakukan fogging di 32 titik warga terjangkit DBD. Selain itu dilaksanakan edukasi keliling tentang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan cara pemberantasannya kepada masyarakat.

Lantas upaya lainnya yakni agar setiap warga memantau jentik nyamuk di rumahnya dan segera membersihkannya dengan bubuk Abate. Masyarakat yang tidur siang diimbau menggunakan kelambu dan lotion anti nyamuk.

Sementara ciri keluhan gejala DBD yakni keluhan panas dan demam, pusing, sakit kepala, mual muntah, nyeri uluhati, gusi berdarah dan lain-lainnya. Warga dengan keluhan tersebut diimbau segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk meendapatkan penanganan medis. ( IP - *** )


 



Berita Lainnya