Rabu , | WIB

Senin, 11 Februari 2019 - 06:27:54 WIB
JOKOWI SINGGUNG ANGGARAN TNI SERIBU PURNAWIRAWAN MENDUKUNG
Nusantara - Dibaca: 261 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijen Post

Adanya mengenai seribu purnawirawan TNI dan Polri mendeklarasikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin. Jokowi  pun mengklaim anggaran TNI adalah yang terbesar di antara kementerian lainnya. Hal ini dikatakannya dalam acara deklarasi dukungan seribu purnawirawan yang dihelat di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (10/2).

Selanjutnya dalam acara itu, Laksamana TNI purn Arief Koeshaeriadi menjadi orang yang membacakan deklarasi secara resmi atas panggung. "Kami purnawirawan TNI-Polri menyatakan bahwa dalam semangat dan optimisme kerja nyata, kami dengan bulat mendukung Bapak Jokowi dan Bapak Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden melanjutkan pembangunan sesuai Nawacita kedua," tuturnya.

Kemudian Arief mengatakan bahwa Indonesia adalah negara besar. Karenanya, membutuhkan sosok pemimpin yang bersih, jujur, merakyat serta memiliki komitmen yang kuat untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat. Menurut Arief, semua itu ada dalam sosok Jokowi. Dia mengatakan empat tahun terakhir Jokowi telah menunjukkan bahwa dirinya memang patut untuk dipilih sebagai presiden untuk yang kedua kalinya. Hal itu diakuinya tercermin dari pencapaian-pencapaiannya.

Lantas Jokowi sendiri mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan. Dia menganggap dukungan dari Purnawirawan TNI Polri hari ini bakal semakin memicu semangatnya. "Ini adalah dukungan yang memberi semangat kepada kami berdua. Untuk bekerja lebih baik lagi," kata dia.

Sementara mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menceritakan soal peningkatan gaji anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa). Dia pun turut menyinggung anggaran TNI yang kini sangat besar demi mencapai stabilitas keamanan. "Anggaran TNI adalah terbesar di antara kementerian yang ada. Mulai tahun kemarin kita tingkatkan tunjangan Babinsa, 770 persen kenaikannya," ucap Jokowi.

Bahkan dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menceritakan sejumlah pencapaiannya. Mulai dari pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah, hingga BBM satu harga di seluruh wilayah. Purnawirawan yang hadir di acara deklarasi berasal dari berbagai matra yakni Angkatan darat , laut, dan udara. Semuanya berasal dari berbagai wilayah Indonesia.

Lalu sejumlah nama populer turut hadir. Misalnya, Jenderal TNI Purn Fachrul Razi, Letjen TNI Purn Suaidi Marasabessy, Jenderal TNI Purn Subagyo HS dan Laksamana TNI purn Bernard Kent Sondakh. Selain itu, hadir juga Laksamana Madya TNI Purn Freddy Numberi dan Marsekal TNI Agus Supriatna. Namun sementara, dari Polri diwakili oleh tiga mantan Kepala Polri. Masing-masing yakni Jenderal Pol Purn Roesmanhadi, Jenderal Pol purn Da'i Bachtiar dan Jenderal Pol purn Bimantoro

Menyangkut hal ini, berdasarkan data Kementerian Keuangan, 10 besar kementerian/lembaga yang mendapat dana terbesar pada APBN 2019 adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Rp110,7 triliun), Kementerian Pertahanan (Rp108,4), Kepolisian RI (Rp86,2 triliun).

Serta di urutan selanjutnya ada Kementerin Agama (Rp62,1 triliun), Kementerian Sosial (Rp58,9 triliun), Kementerian Kesehatan (Rp58,7 trilun), Kementerian Perhubungan (Rp41,6 triliun), Kementerian Ristek DIkti (Rp41,3 triliun), Kemendikbud (Rp36 triliun), dan Kemenkeu (Rp31,6 triliun). ( IP – DW )



Berita Lainnya