Rabu , | WIB

Rabu, 13 Februari 2019 - 06:27:56 WIB
FUNGSI DAN PERANAN PERS SECARA UMUM UU NO.40 TAHUN 1999
Nusantara - Dibaca: 80 kali


Intelijenpost.com

Surabaya,Intelijen Post

Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan,suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya.

dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia (Pasal 1 UU No. 40 Tahun 1999).  Fungsi umum pers menurut UU No 40 Tahun 1999 pasal 3 ayat 1 dan 2 adalah Pers Nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol social serta dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi.

Fungsi dan peranan Pers berdasarkan ketentuan Pasal 33 UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, fungi pers ialah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial. Lembaga pers sering disebut sebagai pilar keempat demokrasi (the fourth estate) setelah lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif , serta pembentuk opini publik yang paling potensial dan efektif.

Fungsi peranan pers itu baru dapat dijalankan secra optimal apabila terdapat jaminan kebebasan pers dari pemerintah. Kebebasan pers di suatu negara tidak akan ada tanpa jaminan dari negara. Sulit dibayangkan bagaimana peranan pers tersebut dapat dijalankan apabila tidak ada jaminan terhadap kebebasan pers.

Kebebasan pers di suatu negara tidak akan ada tanpa jaminan dari negara. Lahirnya Undang Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers telah mengamanatkan kebebasan mutlak. UU Nomor 40 tersebut sebagai pengejawantahan kemerdekaan pers yang bebas dan bertanggungjawab.

Peraturan itu sebagai landasan legal bagi media dalam memberitakan segala hal, termasuk mengkritik negara, kontrol sosial, pendidikan dan hiburan bagi masyarakat. Melaksanakan kerja-kerja jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan,suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, elektronik dan media lainnya yang tertuang dalam pasal 1 butir 1 Undang-Undang Pers.

 

 



Berita Lainnya