Minggu , | WIB

Jumat, 15 Februari 2019 - 21:57:42 WIB
DITEMUKAN TAK BERNYAWA NAKHODA KAPAL TENGGELAM DI SUMUT
Pelabuhan - Dibaca: 114 kali


Intelijenpost.com

Sumut, Intelijen Post

Sesuai mengenai tim Search and Rescue (SAR) gabungan melibatkan penyelam melakukan pencarian dua nelayan yang hilang dalam peristiwa terbakarnya KM Mujur Indah di perairan sebelah barat, Sumatera Utara (Sumut). Dalam pencarian, petugas akhirnya menemukan satu dari dua korban.

Selanjutnya koordinator Pos SAR Sibolga, Beni Setiawan mengatakan korban yang ditemukan yakni Kardiman Nazara. Korban ditemukan di bibir pantai Pulau Bintana dalam keadaan sudah tak bernyawa. "Jenazah sudah diserahkan ke pihak keluarga untuk disemayamkan," ujar Beni, Jumat (15/2).

Kemudian menurutnya, petugas masih melakukan upaya pencarian satu korban hilang lain yakni ABK bernama Nazaral. Areal pencarian masih di sekitar perairan Pulau Bintuna. Sejauh ini luas areal yang disisir pada radius tiga mil dari lokasi kejadian. "Kita sama-sama berdoa semoga tidak ada gangguan dalam pencarian. Semoga korban satu lagi hari ini bisa ditemukan," katanya.

Mengenai pencarian melibatkan kapal angkatan laut (KAL) Mansalar milik Lanal Sibolga. Selain melibatkan Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut, pencarian juga melibatkan tim dari polisi air, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). "Ada pula kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan," sebut Beni.

Lantas sementara itu, bangkai KM Mujur Indah milik nelayan teripang tersebut sudah tenggelam di dasar laut. Kapal kayu ini juga mengalami kerusakan parah. Sebelumnya, KM Mujur Indah dengan empat awak terbakar lalu tenggelam ketika berada di perairan Pulau Bintuna, atau sekitar 38 mil dari Kota Sibolga, Selasa (12/2) sekitar pukul 15.00 Wib.

Menyangkut kebakaran di bagian belakang kapal nelayan pencari teripang itu dipicu ledakan elpiji yang bocor dari tabung gas 12 kilogram. Dua anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke Sibolga pada pukul 23.00 WIB. Mereka menderita luka bakar saat dievakuasi. ( IP – BOY )



Berita Lainnya