Selasa , | WIB

Rabu, 27 Februari 2019 - 18:21:17 WIB
SATU TEWAS 60 ORANG TERJEBAK TAMBANG EMAS DI SULUT LONGSOR
Peristiwa - Dibaca: 233 kali


Intelijenpost.com

Sulawesi Utara, Intelijen Post

Adanya mengenai sebuah tambang emas tanpa izin di Desa Bakan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara longsor, Selasa (26/2) malam. Satu orang tewas dan 60 orang diperkirakan masih terjebak di lubang tambang yang longsor. Sejauh ini sudah 14 orang telah dievakuasi dari lubang galian. Mereka yang sudah dievakuasi satu di antaranya tewas dan 13 lainnya luka berat.

"Selanjutnya sampai Rabu (27/2) pukul 05.00 WITA sudah berhasil dievakuasi sebanyak 14 orang dengan rincian 1 orang meninggal dan 13 mengalami luka berat dan ringan," demikian keterangan resmi dari Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho. Longsor di lokasi penambangan liar itu terjadi pukul 21.00 WITA. Saat longsor terjadi puluhan orang ada di dalam lubang sedang menambang emas.

Kemudian Sutopo menuturkan longsor dipicu oleh patahnya tiang dan papan penyangga lubang galian akibat kondisi tanah yang labil dan banyak lubang galian. "Sejak menerima informasi dari masyarakat, BPBD Bolmong langsung berkoordinasi dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan untuk melakukan evakuasi korban tertimbun material longsoran," ujar Sutopo.

Lantas Sutopo berkata proses evakuasi masih terus dilakukan karena banyak korban tertimbun dan diperkirakan masih selamat. Proses evakuasi juga melibatkan masyarakat setempat dan penambang di sana. ( IP – AG )

 



Berita Lainnya