Minggu , | WIB

Rabu, 06 Maret 2019 - 06:15:36 WIB
RIBUAN ASN ISAK TANGIS WARNAI ACARA PERPISAHAN GUBERNUR SAID ASSAGAF
Nusantara - Dibaca: 100 kali


Intelijenpost.com

Ambon, Intelijen Post

Adanya mengenai Gubernur Maluku Said Assagaff dan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua menggelar acara perpisahan di halaman belakang kantor Gubernur Maluku bersama ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN), Selasa (5/3/2019). Acara tersebut diwarnai isak tangis ribuan ASN. Acara perpisahan itu digelar menyusul segera berakhirnya masa jabatan Said Assagaff dan Zeth Sahuburua sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku.

Hal ini selanjutnya akan dilantik gubernur yang baru, Murad Ismail dan wakilnya, Barnabas Orno pada 11 Maret 2019 mendatang. Berdasarkan pantauan Intelijen Post.com, dalam acara perpisahan itu, kedua pimpinan daerah Maluku itu ikut didampingi oleh istrinya masing-masing. Gubernur Said Assagaff saat itu mengenakan stelan celaan hitam dan baju lengaan panjang berwarnah putih. Sedangkan Zeth Sahuburua mengenakan pakaian semi jas berwarna cokelat.

Kemudian dalam kesempatan itu, Said mengungkapkan bahwa Maluku di bawah kepemimpinannya dan Zeth Sahuburua telah membawa provinsi berjuluk seribu pulau itu lebih maju, meski ada banyak hal yang belum dapat diselesaikan. “Dalam kepemimpinan kita Maluku bukan selangkah lebih maju, tapi tiga langkah lebih maju. Namun memang diakui ada beberapa hal yang belum bisa dapat dituntaskan,” katanya.

Lantas Said bercerita dia telah bekerja sebagai ASN di kantor Gubernur Maluku sejak tahun 1981 atau sekitar 37 tahun silam. Dia pernah menjabat sebagai sekretaris daerah Maluku, wakil gubernur Maluku hingga akhirnya menjabat gubernur Maluku pada periode 2015-2019. “Saya merasa sedih karena saya sudah berada di kantor Gubernur Maluku ini sejak tahun 1981. Sampai saat ini semua struk gaji waktu saya honor di tahun 1981 dan diangkat menjadi PNS di tahun 1982 semuanya masih saya simpan,” ungkapnya.

Lalu dalam kesempatan itu, dia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN Pemprov Maluku yang telah mendukung kerjanya selama ini sebagai gubernur Maluku. Tak lupa dia juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam menjalankan tugasnya sebagai gubernur ada hal-hal yang tidak berkenan di hati para ASN.

“Menurutnya, saya ucapkan terima kasih kepada semuanya. Pesan saya tetaplah mencintai profesi yang kalian pilih saat ini, bekerjalah secara profesional. Dan, saya juga memohon maaf jika ada yang merasa kurang berkenan selama ini,” katanya. Senada, Wakil Gubernur Zeth Sahuburua juga meminta para ASN agar tetap memiliki idealisme dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

Selanjutnya menurut dia, meski tidak lagi menjabat sebagai wakil gubernur, namun pengabdian kepada Maluku akan terus dilakukan. "Meski tidak lagi menjabat, kita akan terus mengabdi kepada Maluku. Saya juga ingin menyampaikan jangan pernah melupakan sejarah,” katanya. Dalam acara itu, ribuan ASN Pemprov Maluku kemudian saling bersalaman dengan Said Assagaff dan Zeth Sahuburua dan kedua istrinya.

Sementara dalam acara jabat tangan ini, banyak ASN yang tak mampu menahan sedih hingga mereka menangis tersedu-sedu. Sejumlah ASN juga ikut menyanyikan lagu untuk Gubernur Said Assagaff dan Wakil Gubernur Zeth Sahuburua. Beberapa tembang yang dinyanyikan, yakni "Selamat Tinggal Sayang" yang dipopulerkan oleh Ello dan "Kemesraan" karya Iwan Fals. ( IP – RUSLAN )



 



Berita Lainnya