Minggu , | WIB

Senin, 11 Maret 2019 - 06:25:16 WIB
SEPERTI BUMI DAN LANGIT JAWA DAN PAPUA JOKOWI :
Nusantara - Dibaca: 61 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijen Post

Adanya mengenai Presiden Joko Widodo menyampaikan infrastruktur menjadi penting untuk mengurangi ketimpangan antara Jawa dan Papua yang disebut bagai bumi dan langit. Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara Festival Satu Indonesia pada Minggu (10/3). Dia menuturkan pembangunan tak hanya berpusat di Jawa saja, namun juga Sumatera hingga Papua.

Lantas salah satunya, dia menyebut soal fasilitas transportasi. Pada 2014, Jokowi mengetahui bahwa warga harus menempuh empat hari empat malam untuk bepergian dari Wamena ke Nduga. Saat itu, kata Jokowi, Panglima TNI sempat melarangnya untuk bepergian ke Nduga karena persoalan keamanan. Ketika naik helikopter, Jokowi melihat kondisi aspal jalan yang minim di Nduga. Dia akhirnya memutuskan untuk membangun jalan di Papua. "Betapa yang namanya perbedaan, ketimpangan di Jawa dan Papua seperti bumi dan langit," kata Jokowi.

Selanjutnya dengan pembangunan jalan, jarak Wamena-Nduga bisa ditempuh dalam waktu 6 jam saja. Oleh karena itu, dia menuturkan, infrastruktur menjadi penting untuk keadilan bagi warga Indonesia. Sepanjang 2015-2019, pemerintahan Jokowi menargetkan penyelesaian Trans Papua sepanjang 1.066 km. Dengan demikian, jalan Trans Papua sepanjang 4.330 km di Provinsi Papua Barat dan Papua ditargetkan tembus pada 2019.

Kemudian meski belum seluruhnya beraspal, terbukanya sebagian besar jalan, terutama di daerah Pegunungan Papua diharapkan akan membuka keterisoliran dan menurunkan harga barang-barang. Sepanjang 2015-2017, pembangunan jalan ini telah menelan anggaran pemerintah mencapai Rp18 triliun.

Lalu mengenai jalan Trans Papua yang telah dibangun sejak kepresidenan BJ Habibie itu direncanakan menghubungkan provinsi Papua Barat dan Papua dengan target total panjang 4330,07 kilometer. Proyek Trans Papua itu sempat mengalami kendala keamanan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata. Hal itu pun membuat pembangunan jembatan di ruas jalan Wamena sampai Mamugu di Papua terhambat. ( IP – DW )

 



Berita Lainnya