Selasa , | WIB

Rabu, 27 Maret 2019 - 18:30:20 WIB
PENYEBAB TERBAKARNYA KM AWU KOMISI V DPR RI DESAK KNKT INVESTIGASI
Pelabuhan - Dibaca: 187 kali


Intelijenpost.com

Kupang, Intelijen Post

Adanya mengenai Komisi V DPR RI mendesak Komite Nasional Keselamatan Transportasi ( KNKT) menginvestigasi penyebab terbakarnya KM Awu di Pelabuhan Semarang, Jawa Tengah, Senin (25/3/2019) kemarin. Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis mengatakan, pihaknya ingin mengetahui penyebab kebakaran itu.

"Selanjutnya nanti hasil dari investigasi KNKT, harus segera dilaporkan ke Komisi V DPR RI," ucap Fary, kepada awak media, di Kupang, Rabu (27/3/2019). Selain KNKT, lanjut Fary, pihaknya juga mendesak Kementerian Perhubungan dalam hal ini Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan setempat, untuk meningkatkan pengawasan terhadap kapal yang berada di kawasan pelabuhan, termasuk yang berada di galangan kapal.

Kemudian Komisi V DPR RI, lanjut Fary, mendesak Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan untuk memperbaiki manajemen kepelabuhanan dan meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran, dengan melengkapi pelabuhan dengan kapal pemadam kebakaran. "Komisi V DPR RI juga mendesak Kementerian Perhubungan dan PT PELNI untuk memberi jaminan agar ada pengganti sementara Awu, untuk tetap melayani rute KM Awu yaitu Kumai–Surabaya–Benoa–Bima–Waingapu–Ende–Kupang–Kalabahi," ujar dia.

Bashkan sebelumnya diberitakan, kebakaran melanda KM Awu di Galangan Janata Marina Indah (JMI) Unit 1, Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang., Sempat Minta Bantuan Evakuasi Penumpang. Kejadian ini api disebut pertama kali muncul dari kamar nahkoda kapal, Senin (25/3/2019), pukul 18.00 WIB. Saat kejadian, kapal milik PT Pelni itu baru saja dipindah ke dop galangan.

Lantas saat bersandar, api tiba-tiba muncul dari kamar nahkoda di lantai enam kapal. "Nahkoda turun ke kamar, tahu-tahu ada asap di kamar. Saya tidak tahu di kamar nahkoda ada apa yang dipakai, apa ada yang korsleting, tidak tahu," sebut Pengawas Perbaikan Kapal PT Pelni, Royani, di lokasi kebakaran. ( IP - *** )


 



Berita Lainnya