Senin , | WIB

Senin, 15 April 2019 - 19:10:39 WIB
MASUK KE DALAM KAKBAH SAAT UMRAH JOKOWI DAN KELUARGA
Nasional - Dibaca: 291 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijen Post

Adanya mengenai Presiden Joko Widodo mendapat kesempatan masuk ke dalam Kakbah di Masjidil Haram saat menunaikan ibadah umrah pada Senin (15/4) pagi. Jokowi masuk bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan kedua putranya Gibran Rakabuming Raka serta Kaesang Pangarep.

"Lantas pada kesempatan itu, presiden, Ibu Iriana dan rombongan terbatas berkesempatan masuk ke dalam Kakbah," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, Senin (15/4).
Usai masuk ke dalam Kakbah, Jokowi bersama rombongan melakukan tawaf yang kemudian dilanjutkan dengan salat subuh berjamaah di depan multazam.

Hal ini kemudian, Jokowi bersama rombongan melaksanakan sai. Mengakhiri ibadah umrah, Jokowi dan rombongan melakukan tahalul pada pukul 06.37 waktu setempat. Setelah menunaikan ibadah umrah, Jokowi dan Iriana meninggalkan Makkah untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Jeddah. Turut serta mendampingi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.

Selanjutnya Jokowi menghabiskan masa tenang dengan melaksanakan ibadah umroh di sela kunjungan kerjanya di Arab Saudi. Jokowi sebelumnya telah bertemu Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, terutama sektor energi dan pariwisata.

Sementara kesepakatan ini dilakukan dalam lawatan Presiden Jokowi dan Raja Salman di Istana Pribadi Raja, Al-Qasr Al-Khas, Minggu sore, (14/4). "Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan terutama di bidang energi dan pariwisata," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan, seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima awak media, Minggu malam (14/4).

Kemudian dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi juga mengapresiasi kebijakan Saudi yang memberikan kembali 10 ribu kuota haji tambahan bagi jamaah Haji Indonesia. Pemberian tambahan kuota ini dilakukan Saudi pasca tragedi crane di Ka'bah, Mekah pada 2017 lalu. Selain menambah kuota, Saudi juga kembali menormalkan jumlah jemaat yang bisa menunaikan ibadah haji, dari 168 ribu menjadi 211 ribu. Sehingga total kuota haji Indonesia mencapai 221 ribu sejak tahun lalu hingga saat ini. ( IP – DW )

 



Berita Lainnya