Selasa , | WIB

Sabtu, 27 April 2019 - 06:16:10 WIB
POSISI DI MABES POLRI YANG GESER BINTANG - BINTANG
Nusantara - Dibaca: 121 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijen Post

Adanya mengenai perwira penyandang bintang di tubuh Polri bergeser posisi. Rotasi jabatan itu disebut sebagai bentuk penyegaran organisasi. Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram bernomor ST/1202/IV/KEP/2019. Surat ditandatangi oleh As Sdm Kapolri Irjen Eko Indra Heri.

"Menurutnya iya betul. Menggantikan yang purna tugas, serta selain itu promosi, tour of area, tour of duty dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Jumat (26/4/2019).

Selanjutnya jabatan bintang tiga dan sejumlah kapolda terkena rotasi. Salah satunya posisi Kabaintelkam yang saat ini dijabat oleh Komjen Unggung Cahyono akan digantikan oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto. Dengan jabatan Kabaintelkam, Irjen Agung menatap bintang tiga (Komjen) di pundaknya.

Kemudian sedangkan Unggung dimutasikan menjadi perwira tinggi (Pati) Baintelkam dalam rangka pensiun. Jabatan bintang tiga yang juga terkena rotasi adalah Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum). Jabatan itu sebelumnya diisi oleh Komjen Putut Eko Bayuseno yang kini dipindah menjadi Pati Irwasum dalam rangka pensiun. Posisi yang ditinggalkan oleh Komjen Putut akan dijabat oleh Komjen Moechgiyarto. Dia saat ini menjabat sebagai Kabaharkam Polri.

Lantas sementara itu, posisi Kabaharkam akan dijabat oleh Irjen Condro Kirono yang saat ini menjabat Kapolda Jawa Tengah (Jateng). Jabatan yang ditinggalkan oleh Irjen Condro akan diisi oleh Irjen Rycko Amelza Dahniel yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Akpol Lemdiklat Polri. Posisi yang ditinggalkan Irjen Rycko akan dijabat Irjen Achmat Juri. Irjen Achmat Juri merupakan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Karena itu, Kapolda NTB akan dijabat Brigjen Nana Sujana.

Bahkan sementara Wakapolda Lampung Brigjen Teddy Minahasa Putra diangkat jadi Sahlijemen Kapolri. Wakapolda Lampung akan dijabat Kombes Rudi Setiawan. Kombes Rudi Setiawan adalah Kapolrestabes Surabaya. Posisi yang ditinggalkannya akan diisi Kombes Sandi Nugroho. Selain itu, posisi Kapolda Jabar akan diisi Irjen Rudy Sufahriadi yang saat ini menjabat Asops Kapolri.

Namun lalu, Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin diangkat jadi Asops Kapolri. Kapolda Papua akan dijabat Brigjen Rudolf Albert Rodja. Brigjen Rudolf Albert Rodja saat ini Kapolda Papua Barat. Posisi yang ditinggalkannya akan diisi Brigjen Herry Rudolf Nahak yang kini menjabat Dirtipidum Bareskrim Polri.

Sementara Kepala Biro Pembinaan dan Operasional (Karobinopsnal) Bareskrim Polri Brigjen Nico Afinta akan menggantikan Brigjen Herry Rudolf sebagai Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri. ( IP – TIO )

 



Berita Lainnya