Sabtu , | WIB

Jumat, 03 Mei 2019 - 20:19:53 WIB
KALAPAS NARKOTIKA NUSAKAMBANGAN DICOPOT PENYIKSAAN TAHANAN
Peristiwa - Dibaca: 75 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijen Post

Adanya menyangkut Kepala Lapas Narkotika Nusakambangan berinisial HM dicopot dari jabatannya terkait insiden penyiksaan sejumlah narapidana narkotika. Video penyiksaan tahanan beredar di media sosial. Dalam video itu, sejumlah narapidana dipukul dan diseret petugas saat hendak dipindahkan ke Lapas Narkotika Nusakambangan.

"Lantas saat ini Kalapas Narkotika Nusa Kambangan berinisial HM, telah dinonaktifkan dari jabatannya," ujar Kepala Bagian Humas Direktorat Jemderal (Ditjen) Pemasyarakatan Ade Kusmanto, seperti dikutip awak media, Jumat (3/5). Ade mengatakan jabatan Kalapas Narkotika Nusakambangan pada saat ini digantikan oleh pelaksana harian dari Kabid Pembinaan Lapas Batu Irman Jaya.

Selanjutnya menurut Ade, dalam kasus penyiksaan itu, Ditjen Pas telah memeriksa 13 orang petugas. "Tindakan tersebut tidak sesuai prosedur dan bertentangan dengan UU No.12 tentang Pemasyarakatan yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia," ujar Ade.

Mengenai hal ini, Ade juga mengatakan tindakan tersebut dimungkinkan juga sebagai tindakan shock therapy kepada narapidana kasus narkoba seperti bandar, agar tidak melakukan pelanggaran tata tertib selama menjalani pidana di lapas narkotika Nusakambangan. "Tetapi tindakan itu tidak sesuai dengan standard operating procedure," kata Ade. ( IP – DW )

 



Berita Lainnya