Kamis , | WIB

Senin, 16 September 2019 - 18:43:21 WIB
MERPATI KEMBALI MENGUDARA DI LANGIT INDONESIA
Nasional - Dibaca: 630 kali


Intelijenpost.com

Sidoarjo, Intelijenpost.com

Setelah operasional penerbangan Merpati Nusantara Airlines dihentikan pada Februari 2014 akibat masalah keuangan. Kini logo maskapai yang didirikan tahun 1962 pada saat masa pemerintahan Presiden Soekarno ini kembali terbang melayani rute perintis di kawasan Kalimantan, serta sejumlah kawasan terpencil di pelosok Indonesia.

Namun logo yang terbang ini bukan milik PT Merpati Nusantara Airlines, melainkan milik PT Aviastar, sebuah maskapai penerbangan layanan pesawat carter. Logo maskapai ini terbang pertama dari hanggar Merpati di kawasan Bandara Juanda Kabupaten Sidoarjo.

Logo Merpati dengan warna dasar biru dikombinasi tiga garis warna oranye itu terlihat jelas di pesawat Twinotter PK-BRQ milik Aviastar rute Tarakan-Palangkaraya. Logo Merpati ini terlihat dibubuhkan pada bagian ekor pesawat. Demikian pula tulisan Merpati juga terlihat kedua sisi badan pesawat.

Pemakaian logo dan tulisan Merpati di pesawat Aviastar ini sengaja dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap Merpati yang dulu dinilai telah berhasil sebagai pemersatu wilayah-wilayah terpencil, serta digunakan sebagai pengangkut kebutuhan pokok bagi daerah terpencil.

"Minimal peran Merpati dulu sebagai development agent," kata Director Corporate Planing Aviastar Agus Soedjono.

Pesawat Aviastar berlogo Merpati ini dengan kapasitas 12 penumpang, merupakan pesawat carter penerbangan perintis. Selain melayani penerbangan perintis di Tarakan dan Palangkaraya juga melayani penerbangan ke Gunung Sitoli Nias Sumatra Utara.

Agus Soedjono juga menambahkan, pemakaian logo Merpati di pesawat ini, akan berlangsung antara 6 bulan hingga setahun mendatang. (IP - JRD)



Berita Lainnya