Selasa , | WIB

Rabu, 11 Februari 2015 - 19:53:44 WIB
INTELIJENPOST DAN KEAMANAN NASIONAL
Kabar Redaksi - Dibaca: 13528 kali


Lahane Azis Pimpinan Redaksi Intelijen Post

Oleh: Lahane Azis - Pimpinan Redaksi Intelijenpost.com

Intelijen Post merupakan salah satu instrumen Media cetak dan Media Online yang penting bagi informasi penyelenggaraan kekuasaan negara, masyarakat karena Media ini menyajikan berita – berita nasional maupun Internasional.

Intelijen Post juga merupakan produk yang dihasilkan dari proses pengumpulan, perangkaian,evaluasi, analisis, integrasi, dan interpretasi dari seluruh informasi yang berhasil didapatkan terkait dengan isu keamanan nasional.

Dengan kata lain, intelijen Post merupakan sari dari pengetahuan yang mencoba membuat prediksi dengan menganalis dan mensintesis aliran informasi terkini, serta menyediakan bagi para pembuat keputusan berbagai proyeksi latar belakang serta tindakan alternatif yang dapat dijadikan ukuran dari kebijakan dan tindakan yang akan dibuat.

Sebagai bagian dari sistem keamanan nasional, intelijen Post berperan sebagai sistem peringatan dini dan sistem strategis untuk mencegah terjadinya pendadakan strategis yang mengancam keamanan Negara.

Semakin meningkatnya ancaman terhadap keamanan nasional memunculkan kebutuhan yang mendesak untuk pembentukan Media intelijen Post dengan mandat yang jelas dan komprehensif. Sesuai dengan konsep idealnya, intelijen Post dapat dibedakan menjadi dua pengertian: sebagai fungsi dan sebagai organisasi Media informasi publik.

Intelijen Post sebagai fungsi, pada hakekatnya terpusat pada sistem peringatan dini (early warning system) di mana tugas Media Intelijen Post adalah untuk mengumpulkan, menganalisa, dan memberikan informasi yang diperlukan kepada pembuat kebijakan, maupun pada masyarakat umumnya.

Sementara, sebagai sebuah organisasi Media, Intelijen Post tidak jauh berbeda dengan organisasi Media di negara lainnya. Intelijen Post memiliki tempat atau berkantor di Jl. Tegal Sari No.2 Surabaya – Jawa Timur, lengkap dengan peralatan kerja dan jumlah karyawannya serta hubungan antar institusi Pemerintah sebagai mitra kerja selalu terjamin baik.

Karakteristik dasar intelijen Post dalam aktivitasnya selalu mendukung harkat dan martabat bangsa demi tercapainya masyarakat adil, makmur berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945



Berita Lainnya