Minggu , | WIB

Kamis, 19 Februari 2015 - 18:33:20 WIB
KEMENTERIAN PU BERIKAN DUKUNGAN PEMBANGUNAN PELABUHAN UJUNG JABUNG
Nusantara - Dibaca: 6535 kali


KOTA JAMBI, INTELIJENPOST.COM Kunjungan baru – baru ini, Kementrian Pekerjaan Umum RI, memastikan memberikan dukungan terhadap pembangunan pelabuhan Ujung Jabung.  Hal ini diterungkap dalam rapat koordinasi Pemerintah Provinsi Jambi dengan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasioal II, di rumah dinas Gubernur.

Sementara di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Wilayah II yang membawahi wilayah kerja Sumatera Barat, Jambi dan Riau. Rakor kali ini membahas pembangunan sektor PU di Provinsi Jambi yang difokuskan masalah terkait dengan pembangunan pelabuhan Ujung Jabung, kata Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA).

Menurut Gubernur, khusus  pelabuhan sudah mulai dibangun pada 2014, dan pada 2015 sudah ada dananya dari pusat. Kemudian yang hubungannya dengan sektor Pekerjaan Umum, adalah maslaah jalan yang menjadi perhatian khusus dari pihak PU. Terutama pembebasan lahan yang akan digunakan untuk jalan menuju kearah pelabuhan, ini menjadi tanggug jawab Pempov Jambi,ujar HBA.

Selain itu Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasioal II, Maruasas Panjaitan menyatakan, bahwa sampai saat ini Kementrian PU dan Perumahan Rakyat sudah siap mendukung daerah yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan oleh daerah, seperti Provinsi Jambi, terutama masalah pelabuhan dari segi kebinamargaan pada anggaran tahun 2015 ini, sudah dipersiapkan anggaran Rp 50 miliar untuk menunjang pelaksanaan pembangunan pelabuhan ujung jabung,tuturnya.

"Selanjutnya untuk pelabuhan Ujung Jabung akan dibangun oleh Kementrian Perhubungan dari Kementrian PU akan membangun sektor penunjang dari segi kebinamargaannya, yaitu jalan ada sekitar 43 km dan tahun ini, kita akan coba pada awal tahun anggaran ini sepanjang lima km. Sedangkan untuk pembebasan lahan sudah dipersiapkan oleh Provinsi Jambi dari lahan 43 km itu ada 20 km, tetapi ini tidak menghambat pekerjaan kami,” kata Maruasas Panjaitan.

Masih kata M Panjaitan, bahwa pekerjaan jalan ini setelah proses tender paling lambat dilaksanakan, pada April atau awal Mei 2015 ini, katanya.

Selain pembangunan jalan, Kementrian PU juga akan membangun jembatan, alokasi dananya diperkiranan mencapai Rp 250 miliar dengan anggaran multi years. Salah satu jembatan yang dibangun itu jembatan Ujung Rambut sepanjang 700 meter. ( IP – MK )

Berita Lainnya