Senin , | WIB

Kamis, 16 April 2015 - 07:58:45 WIB
SATU KOMPLOTAN CURANMOR DITEMBAK POLISI TIGA ORANG DPO
Hukum & Kriminal - Dibaca: 5151 kali


SURABAYA, INTELIJENPOST.COM - Satu kawanan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang sering menjalankan aksinya dan meresahkan masyarakat Surabaya dibekuk tim Resmob Polrestabes Surabaya. Tiga pelaku lainnya masih dalam pengejaran petugas. 

Ketiga temannya yang masih dalam pengejaran petugas yakni Hasan, Afi dan Tugimin. Keempatnya diketahui tengah melakukan pencurian motor Honda Honda CB 150 Putih L 6267 JV milik Ilyas warga Jl Jagir Lapangan yang terparkir dalam keadaan tidak terkunci.

Sementara satu pelaku yang berhasil dibekuk yakni Abdul Halim (33) warga Dusun Sugihan Barat, Omben, Sampang, Madura. Namun dalam penangkapan pelaku berusaha kabur saat upaya penangkapan,akhirnya Residivis itu terpaksa ditembak kaki kirinya.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Takdir Mattanete menjelaskan, tersangka mencari sasaran kendaraan yang terparkir ditempat yang sepi.

ˇ°Kecurigaan anggota kami cukup beralasan, karena tersangka bersama rekannya sedang mendorong motor yang kondisinya masih bagus. Saat didekati, mereka langsung melarikan diri dan sempat terjadi kejar-kejaran,ˇ± ujanya, Rabu, (115/4/2015)

Dia menambahkan, saat dalam pengejaran, anggota sempat melepaskan tembakan peringatan, namun tidak dihiraukan oleh para pelaku. "Akhirnya anggota mengarahkan tembakan ke kaki pelaku. Satu berhasil ditangkap, dua orang masih dalam pengejaran," ujarnya.

Pelaku yang tertangkap ini, kata Takdir, pernah dipenjara selama tujuh bulan di Lapas Medaeng karena kasus pencurian sepeda kayuh pada tahun 2010. "Tersangka tak kapok, sekarang naik kelas, dulu pernah mendekam di penjara dalam kasus pencurian sepeda kayuh, sekarang mencuri motor," kata dia.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan, Dan diancam hukuman 7 tahun penjara. 

Dari tangan tersangka, Polisi mengamankan barang bukti motor Honda Supra 125 L 6989 WU yang digunakan sebagai sarana, dan Honda CB 150 Putih L 6267 JV hasil pencurian.(IP/Don)


Berita Lainnya