Selasa , | WIB

Selasa, 22 September 2015 - 18:42:09 WIB
BEGINI SITUASI AMDAL PT SEMEN INDONESIA DI REMBANG
Ekonomi Bisnis - Dibaca: 4170 kali


REMBANG,INTELIJENPOST.COM Situasi lingkungan pembangunan pabrik PT Semen Indonesia di Pegunungan Kendeng Utara, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, menuai pro dan kontra. Sebagian penduduk setempat yang didukung sejumlah ahli menilai analisis mengenai dampak lingkungan PT Semen Indonesia janggal.

“Dari hasil penelitian ada banyak cacat dalam amdal PT Semen Indonesia,” kata peneliti lingkungan dari Institut Pertanian Bogor, Soerya Adiwibowo. Soerya adalah anggota tim Kementerian Lingkungan Hidup yang meneliti kasus tersebut. Dia juga menjadi saksi ahli yang diajukan warga Kendeng Utara dalam perkara melawan PT Semen Indonesia.

Sesuai hasil kajian tim Kementerian Lingkungan Hidup yang salinannya diperoleh beberapa awak media menyatakan amdal PT Semen Indonesia tak memaparkan kondisi lapangan sebenarnya. Kemudian misalnya, ada daerah resapan air—disebut ponor, mata air, dan gua yang tidak dicantumkan di amdal PT Semen Indonesia, jelasnya.

Hasil penelusuran tim investigasi beberapa awak media menunjukkan ada dua gua, empat ponor, dan tujuh mata air—disebut “belik” dalam bahasa setempat—di kawasan tapak Semen Indonesia. Eko Teguh Paripurno, ahli geologi asal Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta mendukung temuan rekan – rekan pers tersebut.

Begitu juga diperkuat anggota klub penelusuran gua Acintyacunyata Speleological Club (ASC), Petra Sawacana. “Akhirnya tak terbantahkan, ada ponor, gua, dan mata air di kawasan penambangan,” kata Eko. ( IP – ARIEF )



Berita Lainnya