Rabu , | WIB

Senin, 29 September 2014 - 12:40:46 WIB
POB GARUDA MAS PUSURA BERALIRAN SIAUW LIEM SIE DAN CIMANDE
Olah Raga - Dibaca: 373173 kali


SURABAYA, INTELIJENPOST.COM Perguruan pencak silat yang ada dibawah pembinaan pengkot  IPSI Surabaya ini bernama POB Garuda Mas Pusura memiliki khas baju dan celana panjang yang berwarna putih, Ketua Umumnya Lahane Aziz  serta Sekretarisnya Mujiono maupun yang bertindak sebagai pelatih Ode Haris dan POB Garuda Mas Pusura berdomisili di Jl. Yos Sudarso No.9 Surabaya.

Perguruan silat ini lahir di Kota Surabaya tepatnya di daerah Jl. Pengampon yang kala itu perguruan tersebut tidak mengajarkan kepada khalayak umum. Perguruan silat  ini tadinya bernama, “ Perhimpunan olah raga bela diri Siauw Liem Sie Kungfu Garuda Mas,” dengan guru besarnya bernama THE TWAN LIEM yang lebih dikenal dengan sebutan OM THE.

Sementara OM THE sendiri memiliki nama Indonesia  DJ. DHARMAWAN DJAJAKUSUMA, beliau adalah seorang bekas pejuang pada tahun 1945 yang berasal dari Yogyakarta,dengan pangkat terakhir Letnan Kolonel AD.

Terkait dengan nama perhimpunan dalam perguruan tersebut, karena dahulu kala terjadi pertukaran jurus – jurus ilmu silat Kungfu yang berasal dari RRC dan TAEWONDO dari Kore, sehingga ajaran yang diberikan oleh OM THE kepada para siswa atau siswi pada waktu itu ada nama jurus Taekwondo A dan B yang berasal dari Korea. Sedangkan OM THE memberikan pertukaran ilmu tersebut berupa jenis BENG HAO JUTTONG atau jurus HARIMAU.

Awal OM THE menerima murid baru pada tahun 1972, dengan jumlah murid yang sangat terbatas antara lain, terdiri dari Kesuma ADJI, PANDU, AGUS PRASODJO KU, PRAMONO EVENDY WAHYUDI, SUGIONO dan murid termuda HOSLIH ABDULLAH. Setelah lima tahun berjalan tanpa terasa ( 1977 ) murid POB SIAU LIEM SIW KUNGFU GARUDA MAS membuka cabang – cabang latihan bertempat di Aula Organisasi Pusura  Jl. Yos Sudarso No. 9 Surabaya.

Perlu diketehui, Organisasi Pusura yang berdiri pada tahun 1936 tepatnya, 26 September 1936 adalah organisasi sosial tertua di Surabaya dan merupakan organisasi kebanggaan arek – arek Surabaya. Pihak organisasi Pusura pada waktu itu tidak berkeberatan jika Aula Pusura ditempat latihan atau sekretariat oleh POB SIAUW  LIEM SIE KUNGFU GARUDA MAS. ( IP – LA )

Berita Lainnya