Minggu , | WIB

Senin, 13 Juli 2015 - 03:22:30 WIB
PT. PELNI ANGKUT PENUMPANG LEBARAN UTAMAKAN KESELAMATAN DARI PADA KEUNTUNGAN
Pelabuhan - Dibaca: 234887 kali


JAKARTA,INTELIJENPOST.COM Persiapan menyambut Lebaran atau hari Raya Idul Fitri tahun ini sudah semakin dekat, PT Pelni (Persero) telah menyiapkan beberapa antisipasi jelang Lebaran.

Menurut Direktur Utama Pelni Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, pihaknya dalam menyambut Lebaran lebih mengoptimalkan keselamatan dan pelayanan penumpang, jika dibandingkan pendapatan.

"Kita ( Pelni ) oleh Menteri Perhubungan (pak Jonan) diberi target bukan pendapatan, tapi layanan, seperti ekstra feeling dan antar jemput," ucap Wimbo di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, baru – baru ini.

"Dia ( Wimbo ) menjelaskan tidak ada target pendapatan. Karena misal inilah (pendapatan) dikejar 500 persen. Saat ini kita target keselamatan dan pelayanan," sambungnya.

Ucap Wimbo, pada Lebaran tahun ini diperkirakan volume penumpang tumbuh sekira dua persen. "Ada dua persen pertumbuhan. Karena kita tingkatkan frekuensi kapal, dibuat setrikaan," sebutnya.

Walaupun permintaan tinggi, Pelni akan membatasi penjualan tiket untuk membatasi penumpang kapal laut Pelni. Pada Lebaran tahun lalu, penumpang kapal belum dibatasi, sehingga terjadi kelebihan penumpang.

“Angkutan di hari Lebaran 2015 ini penumpang kapal dibatasi sesuai peraturan dari Kementerian Perhubungan 135 persen dari kapasitas kapal. Pengalaman buruk tahun-tahun sebelumnya di mana penumpang kapal mencapai 400 persen dari kapasitas kapal. Insya Allah tidak terjadi tahun ini,” paparnya.

Selanjutnya untuk penjualan tiket sendiri yang sudah dibuka pada 2 Juni 2015 lalu, lanjut Wimbo menjelaskan, masih belum menunjukkan peningkatan. Saat ini lalu lintas kapal penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok masih normal.

"Entengnya wah masih kecil. Biasanya kalau kapal itu dekat-dekat pergi bukan kayak kereta api. Paling banyak rute Balikpapan, Surabaya. Mulai Surabaya," sebutnya.

Sesuai pantauan Intelijenpost di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, persiapan menjelang Lebaran sudah disiapkan pihak pelabuhan mulai dari keamanan, kebersihan toilet, loket tiket, hingga ruang tunggu yang memadai. ( IP – DW )



Berita Lainnya