Sabtu , | WIB

Senin, 23 November 2015 - 21:36:01 WIB
PELINDO III MILIKI 20 CHANEL VOICE RECORDER
Pelabuhan - Dibaca: 45589 kali


ALAT INI SISTEM KERJANYA MIRIP BLACKBOX PUNYA PESAWAT UDARA

SURABAYA,INTELIJENPOST.COM Alur Pelayaran Pelabuhan Surabaya, dimana tempat keluar – masuknya kapal di Pelabuhan Tanjung Perak rawan terjadinya kecelakaan karena alurnya sangat sempit dan banyak terdapat rintangan berupa karang, rep – rep, bangkai kapal maupun terganggunya kapal – kapal yang lego jangkar ( berlabuh ), akibat dari pengaruh arus posisi kapal tersebut menganggu alur yang sempit ini.

Mengingat dengan sempitnya alur pelayaran, maka PT. Pelindo III memiliki dan memasang 20 chanel voice recorder yang fungsinya alat ini dengan sistim kerjanya mirip blackbox (kotak hitam) punya pesawat udara, serta jarak jangkauannya  sampai di Karang Jamuang.

Chanel Voice Recorder  ( CVR ), alat ini dapat mendeteksi keadaan alur di tempat keluar – masuknya kapal serta dapat merekam pembicaraan Pandu dengan Nakhoda kapal, agar mengikuti petunjuk  supaya terhindar dari kecelakaan.

Sementara sumber yang dihimpun Intelijenpost di pelabuhan yang berinsial IRN mengatakan, sebenarnya dari kejadian beberapa kapal yang tenggelam dan saling tabrakan di alur pelayaran pelabuhan Surabaya, dengan batas kejadiannya di wilayah Karang Jamuang, semua sudah terekam di Chanel Voice Recorder ( CVR ) yang dimiliki Pelindo III, namun rekaman ini tidak pernah dibuka kepada umum serta tidak menyampaikan hasilnya kepada instansi yang terkait di pelabuhan Tanjung Perak, jelas sumber  tadi.

Imbuh sumber  IRN, padahal dengan alat CVR tersebut dapat membantu atau mempermudahkan kerjanya Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi  ( KNKT ), dan petugas penyidik Syahbandar kelas utama Pelabuhan Tanjung Perak, serta instansi lainnya yang berkopeten dengan masalah ini, ujarnya. ( IP – LA ).



Berita Lainnya